Mother&Baby Indonesia
6 Asupan yang Tepat Untuk Si Kecil usia Balita

6 Asupan yang Tepat Untuk Si Kecil usia Balita

Pertumbuhan Si Kecil terus berlanjut dan akhirnya masuk usia balita. Dalam usia tersebut, asupan penuh nutrisi menjadi penting dan wajib dipenuhi, Moms. Sebagai panduan, berikut ini adalah enam makanan yang tepat untuk diberikan pada balita.

1. Sereal

Bernutrisi dan rendah lemak. Bagus untuk sarapan dan camilan, serta bisa dinikmati dengan susu atau potongan buah segar. Rasa manis bercampur masam bisa dinikmati Si Kecil hingga kenyang.




2. Yoghurt

Lembut dan kaya kalsium, membuat yoghurt bagus dikonsumsi anak-anak. Yoghurt juga disarankan sebagai pengganti susu bagi anak yang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik. Dengan konsumsi yoghurt, anak tidak menjadi rentan terkena diare.


3. Roti

Roti ada yang bertekstur lunak, sehingga mudah dikunyah dan mengenyangkan. Roti juga bisa dibuat bermacam-macam variasi, mulai dari dipanggang, dibuat sandwich, dijadikan puding, atau hanya diolesi selai kesukaan. Roti sangat praktis disuguhkan untuk Si Kecil yang tak bisa duduk diam berlama-lama. (Namun, usahakan agar mereka tidak berlari saat makan karena dapat membuatnya tersedak.)


4. Buah



Buah rasanya manis dan bisa dijadikan sebagai makanan pengganti yang tepat jika Si Kecil sulit makan sayur. Perlu diingat bahwa buah potong memiliki serat yang lebih dibandingkan buah yang di jus. Selain itu, buah juga kaya nutrisi dan merupakan camilan yang menyegarkan.


5. Pasta

Makaroni hingga spaghetti adalah makanan yang kaya karbohidrat. Bahan makanan ini pun bisa diberikan pada Si Kecil sebagai pengganti nasi. Teksturnya yang lembut membuat pasta mudah dikonsumsi anak balita.


6. Telur

Telur rasanya nikmat dan bisa dimakan langsung (akan lebih baik setelah direbus). Mengandung zat gizi yang tinggi, salah satunya delapan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan anak dan kesehatan tubuh. Telur juga mengandung vitamin E, B6, B12, folat, dan vitamin D yang baik untuk pembentukkan tulang. (Intan Pradina/Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   makanan,   asupan,   nutrisi