Home - Balita - Perawatan Balita / 9 Februari 2018 / Redaksi

6 Cara Alami untuk Sembuhkan Flu dan Batuk pada Anak

6 Cara Alami untuk Sembuhkan Flu dan Batuk pada Anak

Ketika intensitas hujan kian tinggi seperti saat ini, Moms dan keluarga harus ekstra waspada dengan kondisi tubuh nih. Jangan sampai kondisi tubuh melemah, karena dikhawatirkan bisa membuat bakteri dan penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Kalau sudah begini, baik Anda maupun Si Kecil, ancaman batuk dan flu berada di depan mata.

 

Anak lebih rentan terkena flu dan batuk, mungkin karena sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna. Sehingga, jadi lebih mudah terserang penyakit. Untuk itu, kami akan membahas bagaimana cara alami menyembuhkan batuk dan flu anak di cuaca ekstrem seperti saat ini. Bagaimana ya caranya? Mudah kok! Bahan-bahannya juga mudah didapat, dan umumnya sudah tersedia di dapur Anda. Tidak percaya? Berikut penjelasan lengkapnya seperti dilansir laman Boldsky, Kamis (8/2/2018).

 

1. Banyak minum air

Ya, banyak minum air bisa membantu mengurangi keluhan batuk dan flu pada anak. Untuk mendapat manfaat lebih, Anda bisa menambahkan buah-buahan untuk menyuplai banyak vitamin dan mineral ke dalam tubuh. Misalnya air jeruk, jus nanas, dan smoothie.

 

2. Hindari kafein

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein bisa memerparah batuk dan flu. Oleh sebab itu, jika kedua penyakit itu menyerang anak Anda, hindari dengan asupan kafein, seperti kopi atau minuman bersoda.

 

3. Buah-buahan

Betul! Ini juga cara yang bisa Anda jadikan pilihan, moms. Buah apa saja? Coba arahkan perhatian Anda pada buah yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk dan nanas.

 

4. Minum campuran air jahe dan madu

Kedua bahan ini sudah terkenal mampu membantu mengobati batuk dan flu pada anak. Alasannya terletak pada kandungan anti-peradangannya. Lantas, seperti apa cara membuat minuman ini? Langkah pertama, Anda harus merebus secangkir air, kemudian tambahkan jahe yang sudah diparut dalam ukuran 1-2 inci. Setelah itu, tambahkan sesendok madu dan aduk sampai tercampur dengan baik. Kemudian, minum dua kali sehari sebelum tidur

 

5. Kayu manis

Dengan kandungan antioksidan dan sifatnya melawan bakteri, kayu manis masuk jadi daftar obat alami yang penyembuh batuk-flu. Tapi, jangan bayangkan untuk mendapatkan manfaatnya, Anda langsung mengunyah kayu manis mentah-mentah. Tidak. Untuk mendapat manfaatnya, Anda perlu membuat ramuan terlebih dahulu. Cara membuatnya? Pertama: sediakan air putih. Kemudian, tambahkan 1 sendok teh, ¼ sendok teh bubuk kayu manis, lalu masak sampai matang. Berapa kali anak Anda harus minum, untuk cepat merasakan khasiatnya, minumlah ramuan itu dua kali sehari.

 

6. Berkumur air garam

Cara melakukan ini, Anda hanya perlu mencampurkan air hangat dan garam dan meminta anak berkumur-kumur dalam beberapa waktu. Kedua bahan itu sudah terbukti mampu melegakan tenggorokan dan hidung. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

4 Tips Memilih Tempat Penitipan Anak yang Tepat

Tips Meredakan Batuk & Pilek Anak

Edukasi Hal-hal Baik pada Anak Lewat Dongeng



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan