Mother&Baby Indonesia
5 Aturan yang Wajib Dilakukan oleh Ibu Baru

5 Aturan yang Wajib Dilakukan oleh Ibu Baru

Sejak masa kehamilan, yang menjadi prioritas seorang wanita hanyalah anaknya. Ia pun bisa melakukan segala hal demi kesehatan dan perkembangan yang baik dari sang buah hati. Hal ini pun masih dan pasti dilakukan saat Si Kecil lahir, bahkan melupakan kepentingan diri sendiri. Sebagai ibu baru, Moms perlu lho merawat diri sendiri. Jika lupa, 5 aturan berikut ini bisa dijadikan pengingat atau pedoman yang dilakukan selama beberapa minggu pertama pasca melahirkan.


1. Prioritaskan Diri Sendiri

Setelah bayi tertidur, saatnya bagi Anda untuk bersantai dan menikmati waktu seorang diri. Sebelum menyalakan TV atau tiduran di sofa, lakukanlah hal lain yang lebih penting seperti makan atau mandi. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu saat Si Kecil kembali bangun dan tidak lepas dari dekapan. Anda pun bisa tetap sehat dan nyaman dengan diri sendiri setelahnya.




2. Biarkan Orang Lain Membantu

Ketika suami atau keluarga lain datang berkunjung ke rumah, biasanya mereka akan menawarkan diri untuk mengurus Si Kecil. Anda bisa memberikan tugas tersebut, terlebih saat anak memang sedang tenang. Jadi, Anda bisa melakukan hal lain seperti menyiapkan makan malam. Perilaku ini juga tidak akan membuat Anda menjadi ibu yang buruk. Bahkan, hal ini bisa menyenangkan orang lain karena diberi kebebasan untuk bermain dan dekat dengan Si Kecil.


3. Jangan Takut Katakan 'Tidak'

Pasca melahirkan, pasti banyak saudara dan kerabat yang ingin datang dan berkenalan dengan Si Kecil. Namun, katakan 'tidak' jika Anda memang sudah lelah atau sedang tidak mau ditemui siapapun. Hal ini sangat wajar dilakukan, karena Anda dan Si Kecil butuh waktu untuk istirahat atau saling beradaptasi satu sama lain. Jadi, tolaklah dengan sopan dan sarankan para tamu yang hendak datang untuk melakukannya lain waktu.




4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Melakukan me time atau menghabiskan waktu untuk diri sendiri memang penting bagi ibu baru. Pasalnya, kehidupan mereka akan berubah drastis dari yang sebelumnya. Maka, saat orang tua datang ke rumah, mintalah bantuan mereka untuk menjaga Si Kecil. Anda pun bisa pergi ke salon atau tempat spa untuk relaksasi diri. Meski hanya beberapa jam saja, rasa segar akan datang dan membuat tubuh siap melakukan kesibukan mengurus bayi kembali.


5. Tangkap Setiap Momen

Salah satu bantuan yang juga bisa dilakukan orang lain adalah menangkap momen saat mengurus anak. Moms mungkin bahkan tidak terpikir untuk memotret kegiatan setiap saat. Kehadiran anggota keluarga lainnya bisa menjadi penting agar mereka bisa memotret saat-saat Anda mengurus Si Kecil. Meski bukan hal spesial, namun bisa menjadi kenangan tersendiri saat anak dewasa nanti. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   ibu_baru,   new_mom,   panduan








Cover Januari - Februari 2020