Mother&Baby Indonesia
Benarkah Minum Teh Bisa Merusak Gigi? Ini Faktanya

Benarkah Minum Teh Bisa Merusak Gigi? Ini Faktanya

Minum teh di pagi hari sudah diakui dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Tapi, saat mengonsumsinya jangan lupa pastikan perut sudah terisi dulu ya, Moms. Kenapa?

 

Pasalnya, studi terbaru menemukan bahwa kebiasaan minum teh di pagi hari sebelum mengonsumsi makanan saat malamnya, bisa membuat erosi gigi. Seperti yang diketahui, erosi gigi merupakan terkikisnya permukaan gigi akibat proses yang terjadi secara kimiawi, di mana lingkungan mulut bersifat asam dengan pH di bawah 5. Efeknya, menyebabkan gigi bolong yang kemudian menciptakan rasa ngilu atau sakit.



 

"Penyebabnya, kadar asam yang terjadi pada mulut sangat tinggi -- akibat semisal tidak makan malam sebelum tidur, ini memudahkan erosi gigi terjadi. Hal ini efek merusakan ini termasuk teh herbal sekali pun," jelasnya seperti dilansir laman Womenshealth, Senin (26/2/2018)

 



Jalan keluar dari kondisi itu ialah menyempatkan mengonsumsi makanan sebelum ngeteh. Ya, sarapan atau makan siang dulu sebelum Anda menyesai teh herbal hangat. Itu akan mengontrol keasaman di dalam mulut Anda.

 

"Untuk mendapatkan khasiat lebih dari teh, tentu Anda bisa menambahkan komponen herbal lain, seperti kayu manis atau irisan lemon," demikian tertulis dalam British Dental Journal.(Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: teh,   minuman,   minum_teh,   gigi,   kesehatan,   erosi,   email,   mulut










Cover Mei-Juni-Juli 2020