Mother&Baby Indonesia
Oh Begini Cara Gampang Atasi Anak Kecanduan Gadget

Oh Begini Cara Gampang Atasi Anak Kecanduan Gadget

BERKEMBANGNYA internet dan ponsel pintar saat ini membuat anak-anak punya ponsel pribadi di umur yang kecil. Dalam kondisi itu, orang tua harus memberi perhatian dan pengawasannya. Karena abai mengawasi, bisa membuat mereka kecanduan gadget.

 

Kecanduan gadget terjadi karena mereka sudah terlalu asik bermain game, menonton video streaming yang  atau mendengarkan musik. Efek buruknya, anak tumbuh jadi anak yang kurang peduli dengan lingkungan, sulit diajak belajar atau mengerjakan PR (pekerjaan rumah) dan berisiko mengalami obesitas karena minimnya aktivitas yang mereka lakukan.



 

Bila hal diatas Anda rasakan juga, tak usah cepat ya moms. Karena pasti ada cara untuk mengatasi kondisi itu, dan di bawah ini kami sudah mengumpulkan langkah mudah mengatasi kecanduan gadget pada anak. Mau tahu apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Kurang frekuensi bermain. Ya, karena kalau Anda langsung mengurangi jam main gadget-nya secara drastis, mereka akan marah atau memberontak. Jadi, lebih baik moms mengurangi jam mainnya pelan-pelan sampai durasinya berkurang hingga durasi yang direkomendasikan sesuai umurnya.

 

Batasi penggunaan. Caranya, Anda memberikan anak main gadget sesuai dengan umur. Mengutip panduan bermain gadget dari The American Academy of Pediatrics, penggunaan gadget pada anak-anak di bawah 2 tahun ialah dengan tak membiaskan anak bermain gadget sendirian. Sementara untuk anak usia dua sampai empat tahun, anak hanya boleh main gadget kurang dari satu jam setiap hari. Dan untuk anak diatas 5 tahun, durasi main gadget-nya tak lebih dari dua jam.

 

Beri jadwal. Ini agar jam gadget mereka tidak menggangu kegiatan harian mereka, entah itu jam makan, mandi, atau bermain sama temannya.



 

Jangan membebaskannya. Saat Anda memberi anak main gadget, jangan biarkan gawai itu diberikan sepenuhnya. Buatlah anak harus meminta izin dulu, entah karena Anda telah membuat password. Mengutip laman New York Post, itu berguna agar tidak membuat anak Anda sendiriantetap dalam pengawasan keluarga.

 

Buat wilayah bebas gadget. Agar kegiatan lain anak Anda tak terganggu, seperti makan dan belajar, tak ada salahnya Anda membuat tempat yang tak boleh menggunakan gadget moms. Semisal, di meja makan, di kamar tidur, dan mobil.

 

Habiskan waktu dengan anak. Itu karena orang tua di mata anak ialah panutan. Jadi, apapun prilaku yang Anda tunjukan itu mereka akan mencontoh. Oleh karenanya, ada istilah buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya. Sifat anak tidak akan jauh dari sifat orang tua. Jadi, bila anak Anda ingin menghilangkan kecanduan dengan gadget, sediakan Anda harus bisa memberi contoh untuk tidak terbiasa memegang gadget. Dan kemudian, menyediakan waktu kosong untuk Anda dan anak Anda habiskan berdua. Entah pergi bersama keliling komplek rumah Anda atau mendongengkan cerita baru ke anak. Demikian seperti dilansir Boldsky.

 

Dorong untuk terlibat dalam kegiatan aktif. Ya, beri tahulah ke anak bahwa banyak kegiatan atau permainan yang lebih seru ketimbang bermain gadget. Apakah itu berenang, bulutangkis, bela diri, menari dan lain kegiatan menarik lainnya. Dengan mereka tahu ada kegiatan yang seru ketimbang gadget, otomatis itu akan membuatnya lepas dari canduan gadget. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: kecanduan gadget,   anak kecanduan gadget,   tanda anak kecanduan gadget,   ciri anak kecanduan gadget








Cover Maret 2020