Mother&Baby Indonesia
Ini Dia Manfaat Konsumsi Protein Hewani Bagi Tubuh

Ini Dia Manfaat Konsumsi Protein Hewani Bagi Tubuh

Selain karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral, protein juga merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Sumber protein ini bisa Moms dapat, salah satunya dari protein hewani seperti daging ayam, daging sapi, ikan, dan telur.

 

Menurut Prof. Hardinsyah MS PhD, Ketua umum PERGIZI Pangan Indonesia, protein hewani memiliki sangat banyak manfaat untuk tubuh. “Protein hewani membuat pertumbuhan sel-sel organ tubuh dengan baik atau memperbaiki sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pertumbuhan,” ujarnya saat ditemui diPeluncuran Kemasan dan Logo Baru So Good, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2018)



 

Selain itu, protein hewani juga membentuk otak manusia dan sel darah merah, sehingga secara langsung dapat meningkatkan fungsi otak, juga meningkatkan prestasi dan produktivitas kita. Bagi Moms dan Dads, dengan terpenuhinya asupan protein, maka dapat membantu pembentukan hormon dan menjaga keseimbangan hormon Anda. Seperti yang kita ketahui hormon estrogen bagi wanita dan hormon testosteron bagi pria sangat penting dijaga keseimbangannya karena berkaitan dengan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

 

Agar manfaat protein ini dapat dirasakan secara maksimal pada tubuh Anda, perlu diketahui asupan protein yang ideal yang dibutuhkan tubuh kita dalam sehari. Estimasi kecukupan gizinya adalah sebagai berikut:

 



  1. Kebutuhan protein 1.0-1.5 g/kg BB atau 35-72 g/anak sekolah & remaja/hari

  2. Kebutuhan protein hewani 7-15 g/hari atau 1-2 porsi (60-120 g)/hari

  3. Protein untuk anak 1-18 tahun dianjurkan lebih tinggi dari yang dikonsumsi oleh orang dewasa.

 

Yuk Moms, penuhi asupan protein Anda sesuai takaran ideal diatas sesuai yang telah disosialisasikan pemerintah Indonesia! (Vonda Nabilla/TW/Dok. Freepik)



Tags: protein,   nutrisi,   protein_nabati,   makanan,   kesehatan,   pakar










Cover Mei-Juni-Juli 2020