Mother&Baby Indonesia
Tips Dokter Gizi dalam Memilih Menu Sarapan untuk Anak

Tips Dokter Gizi dalam Memilih Menu Sarapan untuk Anak

Dijawab oleh: dr. Diana Suganda Sp.GK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah

 

Tanya:



Halo, dokter! Saya ibu dari dua anak usia sekolah, sekaligus seorang wanita karier. Saya merasa kesulitan untuk memenuhi menu makanan untuk sarapan anak-anak dan suami saya. Saya ingin membuat menu bergizi, tapi tidak mengabiskan banyak waktu. Menu sarapan apa yang lezat, cepat, dan padat nutrisi ya? Terima kasih.

Diara, 38 tahun.

 

Jawab:

Halo, Mom Diara! Salut untuk Anda, ibu bekerja yang tetap mengutamakan nutrisi untuk keluarga tercinta. Untuk menu bergizi yang praktis, saya ada 4 rekomendasi makanan yang bisa Anda sajikan untuk keluarga, yakni roti gandum satu tangkup, oatmeal, biskuit khusus sarapan, dan smoothie. Adapun cara pembuatannya sebagai berikut:

 

1. Roti gandum

Pilihan isi dan toping:

-Telor goreng/ rebus + potongan timun + pongan tomat

-Kornet + selada + tomat

-Sosis + selada + tomat

-Potongan ayam + potongan tomat + potongan timun

-Satu sendok peanut butter + potongan pisang + kismis

 

Bila Anda merasa bosan dengan pilihan isi, Anda juga bisa mengganti komposisinya sesuai dengan selera Anda. Namun komposisi harus berpatokan pada satu jenis protein, apakah itu telor, kornet, sosis, potongan ayam, dan dua bahan sayuran.

 

2. Oatmeal

Pilihan isi dan topping:

-Irisan satu buang pisang



-Sayur bayam

-Telur mata sapi

-Potongan buah apel

-Potongan mangga

-Potongan buah stroberi

 

Dalam memilih topping, Anda bisa menambahkan tak hanya satu bahan, tapi semakin banyak semakin baik. Dengan begitu, akan lebih banyak lagi vitamin yang dikonsumsi Si Kecil, kan?

 

3. 4 biskuit khusus sarapan

Sekarang sudah banyak produsen biskuit mengeluarkan biskuit untuk sarapan. Dan tidak ada salahnya untuk memilih biskuit sarapan ini untuk makan pagi. Tetapi, bila ini memang jadi pilihan Anda, disarankan untuk meminum segelas susu setelah makan biskuit. Tujuannya? Agar sarapan yang Anda makan tetap dalam komposisi diet yang seimbang.

 

4. Smoothie

Pilihan isi dan topping:

-Sayur

-Buah

-Kacang-kacangan

-Susu

 

Untuk bahan smoothie bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Tapi perhatikan komposisinya, karena sebaiknya minimal dua komponen, yakni sayur dan buah. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Freepik)



Tags: menu,   sarapan,   makanan,   nutrisi,   gizi,   dokter,   tips,   menu










Cover April 2020