Mother&Baby Indonesia
3 Kebiasaan Online Ibu-ibu Zaman Now

3 Kebiasaan Online Ibu-ibu Zaman Now

Tahukah Moms kalau menurut survei Google, tingkat penggunaan internet di kalangan ibu meningkat pesat. Jadi jangan kaget dengan fakta 1 dari 4 pengguna internet Indonesia merupakan seorang ibu, ya.

 



Apa saja sih yang dicari ibu-ibu jaman now di internet? Menurut survei Google, 69 persen pengguna internet di Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online. Nah, untuk mendapatkan fakta mencengangkan lainnya, Google bersama Kantar Worldpanel dan Kantar TNS telah melakukan penelitian untuk mengungkap langkah-langkah offline dan online yang dilakukan konsumen di Indonesia, sebelum membeli produk perawatan bayi.

 

Dari penelitian ini, diketahui 3 kebiasaan online ibu-ibu zaman now, yaitu:
 

1. Suka Riset Produk di Internet

Menurut Google, hampir 7 dari 10 (69 persen) pengguna internet Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online. Dan para Moms tersebut melakukannya dengan menggunakan Google Penelusuran (poin kontak online pertama) dan mengunjungi situs brand langsung (poin kontak kedua).

 

2. Suka Belajar Ilmu Parenting dari Video

Apapun masalah Moms, Google dan YouTube bagai pusat solusi yang bisa kapan saja membantu Anda ya, Moms? Bagaimana tidak, video online memang menjadi sumber informasi yang semakin penting mengenai pengasuhan anak. Tak heran waktu tonton channel pengasuhan anak di YouTube bertambah hampir 5 kali lipat (tepatnya 4,7 kali) dari tahun ke tahun di Indonesia pada 2017.
 



Video seperti apa yang paling dicari ibu-ibu zaman now di Youtube? Menurut Ariani, video how-to atau video tutorial adalah yang paling dicari. Misalnya video cara menjadikan anak pintar, video cara membuat bubur bayi, atau video how-to lainnya.

 

Topik parenting ini terus naik ya. Kalau kita lihat dari 2016 ke 2017, topik parenting itu volumenya naik 26 persen per tahun. Nah, topik parenting ini apa sih? Di sini kita kelompokkan lagi, berdasarkan beberapa keyword yang paling sering dicari ibu-ibu. Ternyata topik-topik tentang parenting yang paling sering dicari itu seputar kehamilan, anak yang baru lahir, atau seputar balita,” ujar Ariani Dwijayanti, Senior Industry Analyst di Google Indonesia.

 

Menariknya lagi, Ariani menambahkan kalau lebih dari setengah pencarian itu mencari informasi tentang fase kehamilan. Lebih tepatnya, 52% mencari informasi topik kehamilan, 16% mencari info terkait bayi baru lahir, dan 32% mencari info tentang tumbuh kembang balita.

 

3. Suka Cari Promosi di Internet

Tak cuma informasi seputar anak, Moms zaman now juga suka mencari diskon atau promosi di internet. Bagi para penjual, Ariani mengatakan kalau Moms yang online 3,5 kali lebih bernilai dibanding yang tidak menggunakan internet. Menurut Ariani, Moms yang berbelanja online bisa membeli lebih banyak produk, lebih banyak tipe produk, dan lebih bersedia membeli barang dengan harga lebih tinggi, namun juga lebih “awas” dalam mencari promosi atau harga diskon.

 

Kalau yang belanja online, mereka bisa membeli lebih banyak jenis produk. Misalnya saja kalau belanja offline, belinya cuma sampo dan conditioner, kalau belanja online itu bisa beli sampo, conditioner, serum, vitamin, hair tonic," jelas Ariani dalam presentasinya di acara ThinkMoms with Google, yang berlangsung di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue (22/2/2018). (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: milenial,   internet,   digital,   online,   ibu,   belanja,   riset,   penelitian,   google,   fakta










Cover Mei-Juni-Juli 2020