Mother&Baby Indonesia
Sering Berdiri Bisa Turunkan Berat Badan Lho, Moms!

Sering Berdiri Bisa Turunkan Berat Badan Lho, Moms!

Anda suka berdiri, atau profesi kerja Anda mengharuskan Anda lama berdiri? Wah, ada kabar bagus nih, Moms. Karena, ternyata sering berdiri bisa menurunkan berat badan Anda. Mau bukti?

 

Ya, dalam jurnal yang dipublikasikan European Journal of Preventive Cardiologydisebutkan bahwa berdiri selama 6 jam bisa membakar kalori hingga 54 kalori. Menurut Dr Francisco Lopez-Jimenez, peneliti sekaligus pakar kardiologi dari Mayo Clinic School of Medicine, jika kebiasaan ini dipertahankan selama satu tahun, bisa membuat berat badan seseorang turun hingga 2.5 kilogram – tanpa berolahraga.



 

Untuk mendapat hasil penelitian itu, dokter Lopez melakukan penelitian kepada 1.184 relawan. Kemudian, mereka diukur kadar kalori yang terbakar melalui oksigen dan karbon dioksida saat bernapas.


"Manfaatnya memang tidak seberapa," ujar dokter Lopes, seperti dilansir dari laman NY Times, Selasa (20/2/2018). “Namun penelitian ini menunjukkan bahwa tubuh rupanya tidak butuh banyak gerakan untuk bisa membakar kalori,” tambahnya.
 



Adakah perbedaan kalori yang terbakar antara duduk dan berdiri? Peneliti menemukan perbedaan kalori yang terbakar dari dua aktivtias itu ialah sebesar 0.15 kalor permenit. Dan, dari penelitian ini pula terungkap bahwa membakar kalori lewat berdiri lebih dirasakan pria ketimbang wanita.

 

Tetapi, Dokter Lopez berharap penelitiannya bisa memacu banyak orang berperilaku aktif. Bahwasanya berdiri saja sudah bisa membakar kalori, bagaimana kalau punya aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, seperti lari, jalan cepat dan lainnya. Pasti bisa memberi efek kesehatan luar biasa buat tubuh.


“Ubah kebiasaan diam diri dengan bergerak setiap hari,” kata dokter Lopez. “Sebab, berdiri dan berjalan keliling kemudian duduk saja sudah membakar kalori,” jelasnya. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: berat_badan,   ramping,   penelitian,   riset,   tips,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020