Mother&Baby Indonesia
15 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui

15 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui

Jika kantor sudah seperti rumah kedua bagi Anda, maka tidak ada salahnya untuk menata ruang dan meja kerja Anda di kantor sesuai fengshui. Tidak hanya rumah, kesalahan menata ruangan kantor juga bisa membuat karyawan 'malas' kerja, kurang semangat, atau bahkan tidak betah berlama-lama di kantor.


 

Untuk mencegah hal itu terjadi, Lillian Too, penulis sekaligus praktisi feng shui, memberikan tipsnya untuk menata ruang kerja sesuai feng shui. “Feng shui dapat benar-benar membantu Anda untuk menangkap energi positif, yang menguatkan keberuntungan dalam berkarier. Anda tidak perlu membayar apapun untuk mencoba...” tulis Lillian Too dalam bukunya yang berjudul Little Book of Feng Shui at Work.



 

Nah, setuju dengan hal itu, Moms? Yuk ikuti 15 tips menata ruang kerja sesuai feng shui dari Lillian Too berikut ini:

 

1. Duduk Membelakangi Tembok

Memiliki tembok yang kuat di belakang Anda memberikan dukungan yang penting bagi Anda. Tanpa ini, Moms bisa saja 'hanyut' dalam politik kantor! Selain itu, Anda juga bisa kehilangan dukungan dari atasan Anda.

 

2. Duduk Menghadap Pintu

Jika Anda duduk membelakangi pintu, maka Anda bisa dikhianati, atau 'ditusuk' dari belakang. Keberuntungan dalam bekerja sudah tentu hilang.

 

3. Letakkan Gambar Gunung di Belakang Anda

Saat menghadapi kesulitan di kantor, gantungkan gambar gunung di belakang Anda. Jika tidak ada tembok di belakang Anda, maka tempel saja gambar gunung di balik kursi Anda. Coba tempel gambar Gunung Everest!

 

4. Jangan Gantung Gambar Gedung di Depan Anda

Jika gambar gunung atau di belakang Anda memberi energi positif, lain halnya dengan gambar gunung di depan Anda. Tidak hanya gunung, gambar bukit atau gedung besar juga sebaiknya tidak diletakkan di depan meja kerja Anda. Hal ini merupakan simbol dari melawan gunung, dan halangan atau rintangan besar yang menunda kesuksesan Anda siap menghadang.

 

5. Letakkan Gambar Air di Depan Anda

Jangan pernah meletakkan gambar air di belakang Anda. Gambar air yang dimaksud seperti sungai, air terjun, atau danau. Semua gambar itu harus dipajang di depan Anda, karena air di belakang merupakan simbol dari tidak beruntung.

 

6. Jangan Memajang Kaktus

Hindari menghias jendela kantor atau meja kerja Anda dengan tanaman kaktus. Walau kaktus memang enak dilihat, namun kaktus memiliki duri-duri kecil yang bentuknya seperti panah kecil, hal ini memberi sial dan bisa menyakiti Anda.

 

7. Pajang Benda Berwarna Merah

Mau karier Anda melesat? Mudah! Salah satu caranya adalah dengan memajang benda apapun yang berwarna merah, atau tempatkan sebuah lampu merah di sudut utara ruangan Anda. Cara ini dapat mempercepat pengakuan dari atasan akan segala usaha Anda.



 

8. Atur Yin Yang di Kantor Anda

Yin adalah receptive energy, dingin, dan pasif. Sedangkan Yang adalah energi kreatif, terang, dan aktif. Tempat kerja yang didominasi warna 'abu-abu' termasuk Yin. Buat lebih semarak dengan memberikan energi Yang berupa tanaman atau lukisan penuh warna.

 

9. Jangan Biarkan File Menutup Pandangan

Jangan pernah membiarkan file-file Anda menumpuk di depan wajah Anda. Jika meja Anda sering dipenuhi tumpukan file yang menggunung, maka pindahkan tumpukan itu ke samping Anda, dan pastikan bagian tengah meja Anda bersih.

 

10. Hindari Duduk Berhadapan

Ketika Anda duduk berhadapan langsung dengan rekan kerja, maka sulit untuk mencegah terjadinya politik kantor yang mengganggu. Karyawan sebaiknya tidak duduk berhadapan langsung satu sama lain.

 

11. Mesin Kasir di Tenggara agar Tambah Pemasukan

Jika Anda mengelola toko, maka letakkan mesin kasir (cash register) di bagian tenggara toko Anda. Percaya tak percaya, hal ini dapat meningkatkan pemasukan toko Anda.

 

12. Hindari Duduk di Depan Tembok Toilet

Jika ada toilet di belakang tempat duduk Anda, maka rencana karir Anda dan kerja keras Anda akan berakhir sia-sia. Pindahkan meja Anda sedikit menjauh dari tempat ini.

 

13. Waspada 3 Pintu Sejajar

Jika di kantor Anda ada 3 pintu yang berdiri sejajar, maka pastikan pintu tengahnya selalu tertutup.

 

14. Rapat di Meja Bundar

Jika Anda melakukan meeting atau rapat, sebaiknya adakan di meja bundar. Rapat yang dilakukan di meja bundar cenderung lebih lancar dan tanpa hambatan, terutama jika dilakukan di ruangan yang menghadap barat. Meja bundar menciptakan hubungan dan kerjasama tim yang baik. Dengan begitu, keputusan terbaik bisa didapat kan, Moms?

 

15. Jangan Ada Cahaya Terang di Belakang Anda

Jika ada lampu atau cahaya terang dari belakang Anda, coba untuk redupkan. Cahaya itu melambangkan pengkhianatan dan orang lain bisa mencurangi Anda. Jika Anda memperebutkan kekuasan di perusahaan, cahaya terang di belakang Anda dapat membuat Anda kalah. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: karier,   feng_shui,   kerja,   kantor,   tips,   arsitektur,   interior








Cover Januari - Februari 2020