Mother&Baby Indonesia
Jangan Serahkan Gadget Seutuhnya Kepada Anak, Moms!

Jangan Serahkan Gadget Seutuhnya Kepada Anak, Moms!

USAHA awal agar anak tidak kecanduan gadget ialah orang tua tak membiarkan anak leluasa main gadget. Karena, saat mereka menggunakan gadhet tanpa harus izin orang tua dan unggah aplikasi seenaknya, mereka akan terlena akan aplikasi yang diunggah – entah aplikasi permainan atau video streaming. Kalau sudah begitu, peluang mengalami kecanduan gadget sangat tinggi.

 

Hal ini pun ternyata juga ada dipikiran Donna Agnesia, presenter cantik. Istri aktor Darius Sinathriya ini mengatakan, dalam mencegah anaknya dari kecanduan gadget, ia tidak memberikan kuasa penuh pemakaain gadget pada anaknya. Dimana kontrol tetap berada pada dirinya, saat anak ingin bermain gadget.



 

“Saya nggak menyerahkan (gadget) seutuhnya. Mereka pasti keenakan. Bahkan dari isi gadget-nya sendiri saya pilih sedemikian selektif agar tetap bisa ada nilai edukasi. Tidak yang cuma seru-seruan atau ngehibur. Jadi orang tua sekarang harus benar bisa mengawasi dan mengontrol,” terangnya saat diwawancarai Mother & Baby lewat sambungan telepon, Rabu (7/2/2018)

 



Bahkan saat anak mereka ingin main gadget, Donna juga menerapkan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment). Tujuannya, agar mereka tidak terlena dengan gadget yang dipegang dan mau berbagi dengan adik-adiknya.

 

“Saya kan menyediakan gadget cumasatu untuk tiga anak saya. Nah biasanya mereka gantian, katakanlah 15 menit kali. Dan kalau anak saya tidak mau dengar omongan saya. Iyaudah, saya ambil gadgetnya lalu bilang, “Kamu nggak boleh main gadget sebulan'. Dan benar, anak saya tidak main gadget selama sebulan. Agak tegas? Ya memang harus gitu, daripada sudah kecanduan. Pasti merepotkan kita juga sebagai orang tua,” tutupnya.



Tags: kecanduan gadget,   anak kecanduan gadget,   tanda anak kecanduan gadget,   ciri anak kecanduan gadget,   do










Cover Mei-Juni-Juli 2020