Mother&Baby Indonesia
Batasi Durasi Ampuh Jauhkan Anak dari Kecanduan Gadget

Batasi Durasi Ampuh Jauhkan Anak dari Kecanduan Gadget

Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak mereka tak kecanduan gadget. Mulai dari membatasi durasi penggunaan sampai tidak membelikan gadget untuk dimiliki anak. Hal ini rupanya juga dilakukan presenter cantik, Donna Agnesia. Ibu tiga anak mengaku tidak membelikan semua tiga anaknya ponsel meski secara dari sisi finansial mampu. Menurutnya, jika anak belum memerlukan gagdet, maka tak perlu memaksakan. Lebih baik mengalihkan ke kegiatan lain yang sifaatnya out door.

 

“Anak saya itu ada tiga tapi gadget cuma satu. jadi, mereka kalau main harus sharing. Sebab kalau mereka punya satu-satu, mereka nggak bakal komunikasi, cuma main gadget aja berjam-jam. Soalnya, kebetulan anak-anak saya setiap hari ada aktivitas lain yang dilakukan selain sekolah, seperti main bola, les drum dan les lainnya,” terangnya saat diwawancarai Mother&Baby lewat sambungan telepon, Rabu (7/2/2018).



 

Ia juga membatasi waktu pemakaian gadget pada anaknya. Anak-anaknya, aku Donna, hanya boleh menggunakan gadget saat weekend saja. Alasannya, agar mereka bisa konsentrasi terhadap sekolah – yang merupakan prioritas mereka.

 



“Ini anak terbesar saya megang ponsel juga awalnya karena dia dulu ada kegiatan di Sidney dan harus nginap di homestay. Dan agar kita bisa komunikasi dengan dia, saya kasih ponsel. Itu awalnya, sampai dia kenal gadget,” ungkap Donna.

 

Adapun aturan yang ia terapkan merupakan hasil diskusi dari Darius Sinathriya, suaminya. Suaminya berharap anak-anaknya itu aktif dan tidak terpaku dengan gadget. “Dan, memasukan mereka banyak les saat ini sendiri ialah wujud dari komitmen saya dan Darius,” tutup Donna. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Istimewa)



Tags: balita,   anak,   smartphone,   gadget,   tumbuh_kembang,   selebriti