Mother&Baby Indonesia
Cegah Anak Kecanduan Gadget, Donna Agnesia Lakukan Ini

Cegah Anak Kecanduan Gadget, Donna Agnesia Lakukan Ini

Banyaknya produsen ponsel pintar berinovasi dan berkembangnya internet, tak sedikit yang membuat anak-anak akhirnya punya ponsel dalam umur relatif muda. Efeknya, kecanduan gadget pun berada di depan mata. Wah, kalau sudah kecanduan gadget, aktivitas anak-anak tentu jadi terganggu, mulai dari suka menunda  makan, tidur, dan berkurangnya interaksi langsung bersama teman-teman karena sulit memisahkan dari gadget.

 

Hal ini rupanya juga jadi perhatian Donna Agnesia, presenter kondang Indonesia. Meski gadget punya manfaat positif, tapi gadget bisa jadi “boomerang” bagi orang tua. Bila terlalu lama bermain gadget, anak-anak bisa terperangkap sedentary lifestyle (gaya hidup malas bergerak!) karena tidak bisa lepas dari gadgetnya.



 

Namun demikian, kata Dona, semua ancaman itu bergantung pada orang tuanya. Jika orang tua bisa memberi pengawasan saat mereka bermain gadget, ancaman itu bisa ditekan.

 

“Tiga anak saya kebetulan sudah besar, yang pertama sudah kelas 5 SD (sekolah dasar), yang kedua kelas 3 SD, dan yang ketiga kelas 1 SD. Saya memberikan gadget karena memang ada tuntutan mencari referensi di internet untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya,” ungkap Donna saat diwawancarai Mother&Baby lewat sambungan telepon, Rabu (7/2/2018).

 



Hanya saja, ia tidak melepasnya penuh saat anak-anak menggunakan gadget. Karena, hal itu letak dari peran orang tua, yakni memberi fasilitas dan pengawasan.

 

“Jadi, saat mereka megang gadget atau punya gadget, orang tua harus tahu tujuannya meberikan apa. Karena efek dari gadget tidak semuanya jelek. Kecuali kalau sudah berlebihan. Kan semua hal yang dilakukan berlebihan itu enggak baik,” ujarnya.

 

“Oleh karenanya, balik lagi ke orang tuanya, mau nggak memberi pengawasan? Kalau mau ngasih ponsel ke anak dan nggak mau anak kecanduan gadget, maka harus memberi pengawasan dan batasan-batasan,” saran istri dari Darius Sinathrya ini. (Qalbinur Nawawi/Dok. Instagram @dagnesia)



Tags: psikolog,   gadget,   anak,   balita,   gadgetholic,   psikis,   tips,   pakar