Mother&Baby Indonesia
Manfaat Ayah Membacakan Dongeng untuk Anak

Manfaat Ayah Membacakan Dongeng untuk Anak

Sebuah penelitian di Universitas Harvard, Amerika Serikat, menyebutkan fakta yang menarik tentang mendongeng. Bagi ayah yang membacakan dongeng pada anak mereka, ternyata dapat meningkatkan daya imajinasi Si Kecil. Hal ini tentunya berdampak pada perkembangan bahasa anak, terutama pada anak perempuan.

 

Seorang ahli parenting, Justin Coulson, juga mengungkapkan fakta bahwa membacakan dongeng dapat membuat Si Kecil kaya akan kosakata. Selain itu, ikatan secara emosional juga bisa terbangun antara anak dan ayahnya.



 

Tugas ayah tentunya tidak hanya sekedar membacakan sebuah kisah sebelum tidur. Namun, membuat suasana bercerita menjadi menyenangkan. Tidak hanya itu, anak juga dapat lebih berkonsentrasi jika ayahnya membacakan dongeng secara teratur. Melalui penelitian dari Fatherhood Institute, hal ini juga mempengaruhi perilaku anak (terutama anak laki-laki), jika menerima perhatian sekecil apapun dari ayahnya.

 



Manfaat membacakan dongeng ini tidak hanya dirasakan Si Kecil, tetapi juga sang ayah. Dengan mendongeng atau menceritakan sebuah kisah pada anak, rasa stres ayah dapat berkurang. Hal ini di dapat berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Sussex.

 

Jadi mulai sekarang, luangkan waktu untuk mendongeng dengan Si Kecil ya, Yah. Meski hanya 5 sampai 10 menit saja, berbagai manfaat di atas bisa Anda dan anak dapatkan. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ayah,   anak,   dongeng,   manfaat,   penelitian,   balita