Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 25 Februari 2018 / Redaksi

6 Tips Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

6 Tips Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

Tak dapat dipungkiri bahwa di era serba digital ini, sedikit menyulitkan para orang tua. Sebabnya beragam, mulai dari konten yang terlalu bebas sehingga membuat Si Kecil bisa mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan usianya. Atau hal lain seperti ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan bisa membahayakan anak, baik secara langsung atau tidak langsung.

 

Menurut Wicaksono atau yang lebih dikenal melalui akun @ndorokakung, pemerhati media sosial, wartawan, dan praktisi komunikasi, pembatasan dalam mengakses segala hal secara digital sangat perlu dilakukan. “Informasi yang ada di internet itu tanpa batas, mengalir secara deras dan seketika. Maka, orang tua sangat perlu melakukan pengawasan pada anaknya agar tidak membaca info yang salah,” tambahnya.



 

Supaya sebagai orang tua bisa menangani berbagai hal tersebut, Ndoro Kakung pun memberikan beberapa tips. Dengan begitu, Moms dan Dads bisa lebih bijak dan mampu mengawasi kegiatan Si Kecil saat menggunakan perangkat digital mereka.

 

1. Rajin membangun obrolan bersama anak

Dengan mengajak anak ngobrol dan berbicara satu sama lain, bisa membangun kedekatan antara orang tua dan anak. Masing-masing juga bisa sedikit mengenal karakter secara perlahan, meski sejak anak masih kecil.


2. Mengedukasi diri sendiri

Slogan “Orang tua Gak Boleh Gaptek” menjadi penting saat ini. Pemilihan platform digital mana yang aman bagi anak wajib dilakukan. Caranya bisa dengan mengikuti komunitas orang tua secara online. Nantinya, Moms bisa dibekali dengan ragam pengetahuan dan referensi mengenai literasi digital yang aman untuk anak. Salah satunya, Anda bisa bergabung dengan Jaringan Literasi Digital atau membuka situs www.literasidigital.id.




3. Gunakan parental control

Setiap perangkat digital dan juga browser pasti memiliki fitur parental control. Moms bisa menggunakannya untuk mengatur situs-situs atau aplikasi apa saja yang bisa diakses Si Kecil. Dengan begitu, konten yang mereka buka bisa lebih aman.


4. Buat peraturan yang disetujui anak-orang tua

Anak usia 4-5 tahun sudah bisa diajak berdiskusi. Maka, cobalah untuk saling membicarakan dan menyepakati aturan dalam penggunaan perangkat digital. Hal ini akan membantu pengawasan yang lebih baik dan membuat Si Kecil juga lebih mandiri.


5. Eksplor dunia digital bersama anak

Sebagai orang tua, Anda dapat mengenal Si Kecil melalui konten yang mereka akses. Nantinya Anda bisa mengetahui hal-hal baru dan mungkin unik dari sudur pandang anak. Secara tidak langsung, cara ini juga menjadi langkah yang penting dalam mendekatkan diri antara orang tua dan anak.


6. Jadilah role model

Jabatan sebagai orang tua menjadi penting, karena Anda menjadi contoh langsung dari kehidupan yang dijalani Si Kecil. Maka, jadilah role model dalam segala hal, termasuk memanfaatkan dunia digital di depan mereka. Usahakan untuk tidak memakai perangkat digital secara berlebihan, misal saat makan malam atau menonton film bersama. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ditemukan Metode Baru untuk Deteksi Autisme Sejak Dini

4 Tips Mengajarkan Keuangan pada Anak Sambil Berbelanja

8 Tips Agar Bijak Menyikapi Anak Kecanduan Gadget

OTHER ARTICLES

Optimalkan Perkembangan Anak dengan Mainan Musik

Apakah Tendangan dan Gerakan Janin Pertanda Ia Sehat?

Efek Pola Asuh Moms terhadap Jagoan Ciliknya

6 Ketakutan yang Ibu Rasakan Menjelang Persalinan

Bayi Pertama di Amerika Lahir dari Transplantasi Rahim