Mother&Baby Indonesia
Catat! Dokter Tidak Menanyakan 5 Hal Ini Soal Balita

Catat! Dokter Tidak Menanyakan 5 Hal Ini Soal Balita

Dari semua hal yang Moms pelajari tentang Si Kecil, kenyataannya tidak semua hal akan ditanyakan oleh sang dokter. Perkembangan yang terjadi pada balita memang harus terus diperhatikan. Namun, sepertinya Moms harus melakukannya sendiri dan mengkonsultasikannya pada dokter saat sedang berkunjung.

Ada lima hal yang mungkin perlu Moms catat, sehingga tanpa harus menunggu ditanya, Anda bisa menyampaikannya bila merasa tidak sesuai dengan perkembangan Si Kecil.

 



1. Kalimat Pertama

Dokter sering menanyakan tentang jumlah kata yang diucapkan hingga usia mereka memasuki 15 bulan. Namun setelahnya, Moms dan sang ayah yang bertanggung jawab mengawasinya. Terlebih pada saat Si Kecil mulai mengucapkan kalimat pertama. Meski hanya sekedar “I Love You”, hal ini menjadi satu kemajuan sendiri untuk balita Anda.


2. Ekspresi Pada Ritme

Musik menjadi salah satu hal yang paling mudah ditanggapi balita. Berbagai jenis dari pop, rock, hingga RnB akan langsung mereka tangkap. Dengan begitu, Si Kecil pun secara reflek menggerakan tangan, kaki, atau seluruh badannya sesuai ritme musik. Hal ini juga bisa dijadikan cara untuk menenangkan Si Kecil ketika sedang rewel.


3. Makanan Padat Pertama



Saat konsultasi, dokter juga tidak akan menanyakan makanan apa yang diberikan pada Si Kecil sebagai MPASI. Mungkin Moms akan disarankan beberapa makanan yang baik untuk balita, namun tidak selalu ditanyakan mereka makan apa. Perlu diperhatikan jika memang anak mengalami gangguan seperti pencernaan, bisa minta solusi kepada dokter ya, Moms.


4. Tantrum Pertama

Semakin besar, anak pun mulai bisa merasakan emosi dan berubah menjadi tantrum. Kondisi ini mungkin tidak ditanyakan dokter, namun Moms bisa menanyakan saran untuk menenangkan Si Kecil saat kondisi tersebut terjadi. Jangan kaget saat anak tiba-tiba berteriak dan mengamuk atau hanya berdiam diri. Ini adalah ekspresi marahnya dan hanya Moms yang bisa mengetahui hal apa yang bisa menenangkan Si Kecil.


5. Proyek Pertama

Saat bayi, semua mainan pasti disediakan kedua orang tuanya. Namun, balita sudah mulai bisa menciptakan permainan yang disukainya. Mulai dari menggambar di atas kertas dengan krayon atau membentuk bangunan dari balok kecil. Meski hal kecil, hal membanggakan ini sangat berarti untuk orang tua. Jadi, tak heran jika dokter tidak terlalu memperhatikan hal tersebut. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   tumbuh_kembang,   milestone,   perkembangan,   balita,   dokter,   pakar,   tips