Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 7 Februari 2018 / Redaksi

5 Cara Mengajarkan Makna Uang pada Anak

Mengajarkan tentang uang kepada Si Kecil bisa dilakukan dengan cara sederhana. Dengan mengajarkan hal-hal tentang uang sejak dini, Si Kecil bisa lebih memahami arti uang dengan tepat. Baik Moms atau Dads, memberi pelajran ini penting dan berpengaruh pada sikap Si Kecil saat besar nanti.

1. Nilai Uang

Pemahaman tentang arti uang perlu ditanam sejak kecil. Hal ini akan membantu anak lebih bijak dalam menggunakannya. Setidaknya, mereka tahu bahwa uang tidak didapatkan hanya dengan meminta saja, tetapi harus melakukan sesuatu seperti bekerja secara maksimal dan tulus.


2. Bedanya Keinginan dan Kebutuhan

Konsep mengenai keinginan dan kebutuhan menjadi poin penting untuk dipahami Si Kecil. Baik dari cara mendapatkannya hingga maksud penggunaannya. Ambil contoh seperti uang saku, Moms bisa membuat sebuah aturan sederhana. Si Kecil akan mendapat uang saku dengan membantu membereskan mainannya. Kemudian, beritahu bahwa mereka bisa membeli satu camilan kesukaan, dan uang sisanya bisa ditabung untuk membeli sebuah mainan kesukaannya.


3. Baca Informasi yang Lengkap

Anda juga bisa mengajarkan Si Kecil tentang berbelanja. Beritahu tentang seperti apa kualitas suatu benda atau makanan yang baik dan patut dibeli dan dinikmati. Ajarkan anak juga membaca informasi terkait barang yang ingin dibeli melalu toko online. Jika sudah semakin besar, Si Kecil juga bisa mulai diajarkan untuk mebayar tagihan dari barang yang dibeli tersebut.


4. Uang Harus Diperoleh

Sangat baik jika Anda selalu menyampaikan bahwa Si Kecil bisa menjadi apapun yang mereka inginkan. Namun, penting untuk diingat bahwa hal-hal tersebut bisa didapat dengan bekerja dan mendapatkan uang. Selain membuat aturan dalam memberi upah setelah membantu merapihkan rumah, Anda juga bisa memberikan penghargaan dari perilaku sederhana.

 

Hal-hal seperti menghabiskan sayuran atau mendapat nilai terbaik bisa menjadi contoh. Hal terpenting adalah menjelaskan kepada mereka bahwa kerja keras selalu terbayar pada akhirnya.


5. Menabung Itu Penting

Hal penting lainnya juga dengan mengajarkan Si Kecil menabung. Bantu ia untuk menyisihkan uang saku mereka dengan menghitung berapa pengeluaran yang ia lakukan saat bersekolah. Bantu anak untuk menyimpan uang yang didapatkan dari pemberian om atau tantenya. Setelah terkumpul, biarkan mereka memilih barang yang mereka mau dan gunakan uang tabungan untuk membayarnya. Dengan begitu, anak akan lebih cerdas dalam hal finansial ketika besar nanti.
(Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

Gunakan Gadget Sebagai Media Edukasi Boleh, Tapi...

Atasi Anak Kecanduan Gadget? Ibu Harus Punya Skill Ini

6 Cara Mudah untuk Mengajarkan Toleransi pada Anak



OTHER ARTICLES

Selamat! Rinni 'Idol' Wulandari Lahirkan Anak Laki-laki

4 Tips Mengajarkan Keuangan pada Anak Sambil Berbelanja

Viral, Anak Tantrum 8 Jam dalam Pesawat

Ditto Percussion & Ayudia, Kompak Mengurus Anak

7 Tips Dokter untuk Mengatasi Diare saat Hamil