Mother&Baby Indonesia
Atasi Anak Kecanduan Gadget? Ibu Harus Punya Skill Ini

Atasi Anak Kecanduan Gadget? Ibu Harus Punya Skill Ini

Dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak, penting orang tua punya ketegasan, khususnya saat mengdisiplinkan anak. Tanpa skill itu orang tua bakal kesulitan membuat anak melepaskan gadget dari tangannya.

 

Dijelaskan oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog anak dari Lembaga Psikologi Terapan UI, ketegasan itu harus didasari komitmen dan tekad orang tua mendisiplinkan penggunaan gadget. Sebab, seringnya orangtua merasa tak berdaya duluan atau pesimis karena melihat anak sulit sekali dipisahkan oleh gadget.



 

Selain itu, orang tua harus berani juga membatasi menggunakan gadget terlebih dulu. Hingga relatif mudah bagi orang tua, untuk membuat Si Kecil mau melepaskan gadget.

 

“Solusi awal dari kecanduan anak, sebagain kasus berhasil atau tidaknya itu kuncinya di orang tua. Kalau orangtuanya sulit lepas dari gadget sehingga terlena, pasti anaknya ikutan terlena. Jadi, langkah awalnya ialah orang tua perlu membatasi dirinya sendiri terlebih dulu,” ungkapnya ketika diwawancarai redaksi Mother&Baby, Selasa, (6/2/2018).



 

Setelah itu, orang tua perlu membuat agenda pengganti yang membuat anak bergerak bebas atau aktif. Entah itu jalan-jalan keliling rumah, berenang, bermain puzzle bersama, bermain sepeda di lapangan dan lain sebagainya. Jika anak tidak punya kegiatan untuk dilakukan atau menganggur,mudah baginya kembali lagi ke gadget.

 

“Gadget ini bukan saja ponsel pintar, dan tablet, ya. Tapi juga termasuk televisi juga,” pungkas Vera. (Qalbinur Nawawi/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   smartphone,   gadget,   tumbuh_kembang








Cover Januari - Februari 2020