Mother&Baby Indonesia
Agar Anak Lahap Makan MPASI, Cara Ampuhnya? (II-Habis)

Agar Anak Lahap Makan MPASI, Cara Ampuhnya? (II-Habis)

Kecukupan nutrisi 1.000 hari pertama pada anak merupakan penentu kehidupannya di kemudian hari. Jika bayi selama periode diberikan nutrisi yang cukup, ia tumbuh menjadi anak yang cerdas dan punya fisik yang kuat.

 

Salah satu caranya adalah dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, dan setelah itu memberikan makanan pendamping ASI sesuai usia bayinya. Mulai dari asupan lunak, makanan lembek, sampai makanan padat.



 

Namun, saat mempraktikkan tidak mudah membuat anak membuka mulutnya dan melahap makanan yang sudah kita sendok. Anda setidaknya bakal dibuat jengkel dengan aksi anak yang tidak mau membuka mulutnya.

 

Nah, bila Anda punya keluhan yang sama, tak usah cepat cemas ya moms. Sebab, kami sudah merangkum tip agar anak Anda lahap makan MPASI yang Anda buat. Berikut ulasan lengkapnya.

>>Jangan paksa anak bila sedang tidak mau. Lantas, solusinya seperti apa? Suapi ia lagi 10-15 menit kemudian, atau kalau perlu pakai bujukan jika dia masih menolak. Dan jangan dikira saat ia menolak makanan karena ia tidak menyukai makanan itu ya moms. Karena menurut Dr. William Sears, M.D, penulis buku The Family Nutrition,aksi penolakan makanan yang dilakukan Si Kecil hal yang wajar. Itu karena mereka sedang tidak mau saja. Jadi, jika hari ini ia tak mau makan kentang, coba saja berikan makanan serupa saat lusa. Dia pasti mau membuka mulutnya untuk makanan Anda.



 

>>Jangan membiarkan anak makan sendiri. Buat bayi, suasana makan yang menyenangkan bisa merangsang nafsu makannya. Hal ini seolah terkonfirmasi lewar pernyataan Dr. William Sears, M.D, yang menuturkan bahwa, kegiatan makan yang menyenangkan bisa mendorong anak secara psikologi untuk mereka makan. Konkretnya seperti apa? Anda bisa melakukan makan bersama dengan anak Anda. Kemudian berikanlah ekspresi cara makan yang lahap kepadanya. Karena, anak kecil belajar dengan cara melihat yang mana hal itu akan mendorongnya untuk makan dengan lahap pula.

 

>>Hanya satu orang saja yang menyuapi. Alasannya, karena itu akan membuat ia nyaman sekaligus akan lebih mengenal perilaku bayi saat dia makan – saat disuapi, cara makan dan makanan yang ia suka. Sehingga, jika Anda ingin mengenalkan jenis makanan baru padanya, Anda bakal tahu cara agar ia bisa mau menerima suapan sendok yang Anda berikan. Dalam melakukan upaya ini, setidaknya Anda melakukannya sampai ia berusia setahun ya moms.

 

>>Apakah hari ini Si Kecil sedang banyak minum? Ini juga harus juga disadari. Meski ini hal sepele, tapi kalau anak terlelau banyak mengonsumsi air minum – entah air putih atau air susu, hal itu bisa membuat perut mereka kembung. Efeknya? Yup, betul! Ini yang akhirnya membuat ia menolak tawaran makan Anda. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free Pik)



Tags: mpasi,   menu_mpasi,   bayi,   batita,   makanan,   gizi,   nutrisi








Cover Maret 2020