Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 10 Februari 2018 / Redaksi

Si Kecil Juga Bisa Menunjukkan Rasa Sayangnya

Faktanya, sejak bayi Si Kecil sudah bisa menunjukkan rasa sayangnya kepada orang di sekitarnya, terutama kepada orang tuanya. Menurut Lawrence Cohen, Ph.D., penulis buku Playful Parenting, kebanyakan anak membentuk ikatan batin dengan orang tuanya sejak dini. “Hal ini bahkan dimulai sebelum bayi bisa mengungkapkan perasannya secara verbal,” ujarnya.

Selama di dalam kandungan, bayi mendengar, merasa, bahkan membaui Anda. Jadi, sangatlah wajar jika ia sudah membentuk ikatan emosi dengan Anda. Anda adalah the center of universe bagi Si Kecil. Namun, selama beberapa bulan pertama usianya, Si Kecil belum tahu bagaimana cara menyampaikan semua itu secara verbal.

Ia cenderung mengungkapkannya lewat bahasa tbuh. “Ungkapan kasih sayang ini merupakan sinyal ia terikat kepada Anda,” jelas Martha Farrell, E., PhD., dari University of Minnesota. Berikut tanda Si Kecil menyayangi Anda:


Menatap Mata Anda

Bayi baru lahir senang melihat wajah, dan wajah Anda adalah favoritnya. “Tatapan ini merupakan 'kekuatan' bayi, yang didesain untuk menarik kasih sayang dan cinta dari orang yang melihatnya,” ujar Lise Eliot, seorang neuroscientist. Namun, tatapan tersebut juga merupakan tanda awal bahwa Si Kecil menyayangi Anda. Bisar matanya menunjukkan bahwa Anda adalah hal terpenting dalam hidupnya.


Ia Mengenali Bau Anda

Jika Si Kecil diminta untuk memilih wangi bunga-bungaan atau aroma kaus Anda yang berbau ASI dan keringat, sudah pasti ia akan memilih kaus tersebut. “Bahkan bayi berusia 1 minggu akan memalingkan wajahnya jika membaui Anda atau ASI Anda,” ujar Lise. Bagi Si Kecil, tak ada yang lebih wangi dari Anda.


Tersenyum Pada Anda

Sekitar usia 2 bulan, Si Kecil sudah bisa tersenyum. Pada saat ini, ia akan mulai memberikan senyum manisnya kepada Anda. Ini adalah caranya mengatakan, “I Love You!”


Berbicara dengan Anda

Gumaman pertama Si Kecil akan ditujukan kepada Anda atau orang lain yang memang dekat dengannya, seperti pengasuh atau nenek. Ia akan menggunakan gumaman ini (yang disebut dengan ptoroconversation) untuk mengungkapkan ketertarikan dengan Anda.


Menginginkan Anda Didekatnya

Ketika Si Kecil sudah berusia 6 bulan, Anda akan menyadari kalau ia tak suka jika Anda jauh darinya. Ia mungkin akan tampak sedih atau menangis jika Anda meninggalkan ruangan, dan akan tersenyum ketika melihat Anda kembali. Ini merupakan tanda adanya ikatan antara Si Kecil dengan Anda.


Mengatakan “Mama” dan Mencium Anda

Ketika mendekati usia 1 tahun, Si Kecil meulai mengembangkan gumamannya menjadi babbling atau ocehan. Seiring dengan kemampuan ini, SI Kecul mulai bisa menyebut “Mama”. Kata ini umum diucapkan Si Kecil ketika pertama kali berbicara.

Baginya, kata ini bukan hanya mudah diucapkan, tetapi juga merupakan caranya memanggil Anda (Ia tahu Anda terus menyebut diri “Mama” ketika berbicara pada Si Kecil). Namun tak semua bayi menyebut “Mama” terlebih dahulu, tetapi juga “Dada” atau “Papa” untuk sang ayah.


Menjadikan Anda Sebagai Pelindung

Jangan terkejut jika Si Kecil menenggelamkan wajahnya di dada Anda ketika ia diajak berbicara oleh orang asing. Fase ini dinamakan stranger anxiety dan merupajan tahapan yang normal. Dengan cara seolah meminta perlindungan Anda, Si Kecil berarti menyayangi dan mempercayai Anda untuk membuatnya tetap aman. (Rosa Ayu Hapsari/Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Tanda Tumbuh Kembang Anak Anda Sudah Optimal (II-Habis)

Tanda Tumbuh Kembang Anak Anda Sudah Optimal (I)

Kenali Perkembangan Emosi Bayi 0-12 Bulan



OTHER ARTICLES

7 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

Namaste Festival 2018

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Laki-Laki

Bolehkah Mengajarkan Balita Bahasa Inggris?

5 Trik Jitu Bebas dari Nyeri Haid