Mother&Baby Indonesia
Tanda Tumbuh Kembang Anak Anda Sudah Optimal (II-Habis)

Tanda Tumbuh Kembang Anak Anda Sudah Optimal (II-Habis)

Apa saja tanda-tanda tumbuh kembang anak sudah optimal? Yuk cari tahu penjelasan dan tanda tumbuh kembang anak usia 24-30 bulan:

 

24-30 bulan



Biasanya di rentang umur ini, anak Anda sudah punya teman bermain. Orang tua memberi waktu lebih baik dimasa karena Anda harus mengajarkan mereka kemampuan bersosialisasi, mulai dari berbagi ke temannya, mengucapkan terima kasih kalau minta tolong atau dibantu orang. Sebabnya, untuk anak punya kemampuan sosialisasi, harus diajari setiap hari.

- Mampu mengucapkan terima kasih

Betapa bahagianya bila orang tua mampu melihat anak bicara terima kasih bila ia sedang menerima barang dari orang lain. Ya, itu kanrea memang hal yang perlu dibanggakan. Karena ucapan terima kasih merupakan tanda mulai terasah kecerdasan emosi dan kemampuan sosialnya.

 

- Salim tangan orang lain

Yup, Moms! Kegiatan ini bukan hanya sekedar anak dapat menghormati orang yang lebih tua. Ini juga tanda bahwa tumbuh kembangnya, khususnya kecerdasan emosi, sedang distimulasi. Apalagi bila anak Anda mau menyalami orang yang lebih tua – entah itu mertua, saudara, atau tetangganya – tanpa perlu disuruh lagi. Itu progres dari tumbuh kembang anak yang luar biasa.

 



Baca juga: Tanda Tumbuh Kembang Anak Anda Sudah Optimal (I)

 

- Melakukan kontak mata, tersenyum, dan tertawa

Kegiatan ini modal dasar berinteraksi dengan orang lain. Jika bayi Anda bisa melakukan ekspresi itu, tandanya ia siap menjadi makhluk sosial dan berteman denga teman sebayanya.

 

- Jarang menangis dan tidur lebih teratur

Ini tanda dari sistem saraf sudah mulai menyesuaikan dengan kegiatan dia sehari-hari. Biasanya untuk bayi punya ritme stabil dibuthkan 4 bulan atau lebih. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Pixabay)
 



Tags: tumbuh_kembang,   bayi,   anak,   milestone,   fisik,   psikis








Cover Maret 2020