Mother&Baby Indonesia
6 Tips Ampuh Pergi Berlibur Bersama Bayi

6 Tips Ampuh Pergi Berlibur Bersama Bayi

Di musim liburan Natal dan akhir tahun ini, Moms pasti sudah memiliki rencana untuk liburan bersama keluarga. Bagi beberapa ibu baru, liburan kali ini mungkin menjadi liburan pertama Anda dengan membawa Si Kecil. Untuk itu, jangan lupa membawa segala perlengkapan yang ia butuhkan, karena traveler cilik ini tentunya memerlukan berbagai kebutuhan dan perlengkapan khusus untuk pergi berlibur.

Nah, agar liburan pertama Anda bersama Si Kecil semakin menyenangkan dan bebas repot, ikuti 6 tips berikut ini yuk, Moms.

1. Pesanlah akomodasi yang ramah bayi dan tidak membuat Moms stres selama berlibur. Memilih akomodasi yang tepat dan nyaman untuk Si Kecil adalah kunci awal dari liburan yang menyenangkan.



2. Buatlah daftar barang yang perlu dibawa dan mulailah mengemas barang beberapa hari sebelum liburan. Jangan lupa lakukan double check sebelum pergi ya Moms, agar semua barang yang dibutuhkan tidak tertinggal.

3. Pack smart! Tidak hanya untuk bayi, tapi juga untuk Anda sendiri. Seringkali Moms hanya fokus membawa segala keperluan Si Kecil, namun Anda melupakan kebutuhan Anda sendiri. Jangan sampai ini terjadi, karena liburan yang sempurna berawal dari ibu yang bahagia.

4. Siapkan satu atau dua pakaian ekstra dan popok untuk Anda dan Si Kecil, kemudian masukkan ke dalam tas jinjing yang bisa dengan mudah Anda ambil jika diperlukan. Pastikan tas jinjing ini selalu bersama Anda, baik di mobil atau di kabin pesawat.

5. Bungkus semua obat dan perlengkapan cair ke dalam kantung plastik yang dapat ditutup kembali. Jadi, jika terjadi kebocoran, seluruh tas Anda tidak ikut kotor.

6. Simpan nomor dokter atau layanan kesehatan untuk anak, apabila ada hal darurat yang perlu ditanyakan. Mencatat daftar nomor rumah sakit di kota yang Anda tuju juga penting untuk dilakukan, jadi Anda tidak akan panik lagi mencari bantuan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.


Perlengkapan Liburan Bayi

Jangan lupa membawa perlengkapan berikut agar liburan bersama Si Kecil jadi lebih nyaman:

• Popok. Satu untuk setiap 3 jam selama perjalanan, serta beberapa tambahan jika terjadi delay.



Pad sebagai alas ketika mengganti popok Si Kecil.

• Selimut. Tidak ada salahnya membawa 1 atau 2 helai selimut, entah untuk digunakan sebagai alas atau sebagai penghangat Si Kecil. Selimut ini juga bisa digunakan sebagai apron menyusui, Moms.

• Pakaian, kaus kaki, sepatu, topi. Bawalah 2 atau 3 pakaian per hari.

• Botol susu dan botol minum.

• Mainan dan camilan sehat.

• Perlengkapan pertolongan pertama untuk mengobati kecelakaan minor.

• Perlengkapan mandi dan produk perawatan kulit Si Kecil. Mulai dari sampo, sabun, sikat gigi, odol dalam kemasan kecil, serta minyak telon dan bedak bayi.

Selamat berlibur bersama Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   liburan








Cover Maret 2020