Home - Bayi - Perawatan Bayi / 23 Desember 2018 / Redaksi

Mengatasi Telinga Berair pada Bayi

Telinga merupakan salah satu indera penting bagi manusia. Karena itu, sudah pasti harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Kendati demikian, bukan tidak mungkin terjadi gangguan pada telinga Si Kecil, meskipun Anda sudah rutin membersihkannya.

Salah satu gangguan yang mungkin dialami bayi dengan telinganya adalah telinga sering berair. Apa penyebab hal tersebut terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dr. Rouli Nababan Sp.A, alat pendengaran kita terdiri dari bagian luar dan dalam. Bagian luar berupa daun telinga dan lubang telinga, sedangkan di bagian dalam terdapat berbagai organ pendengaran. Nah, telinga berair atau keluar cairan dari telinga biasanya terjadi karena gendang telinga yang menghubungkan antara telinga bagian dalam dan luar pecah. Hal itu membuat cairan yang ada di telinga dalam ikut keluar. Kejadian ini umumnya diikuti dengan gejala batuk dan pilek.



Moms sebaiknya tidak mendiamkan kondisi tersebut, karena dapat menimbulkan bahaya. Hal ini dapat membawa infeksi dari luar masuk ke dalam telinga yang bisa membahayakan telinga dan sistem pendengaran Si Kecil.

Moms harus  segera bawa Si Kecil ke dokter THT agar telinga Si Kecil dapat diteropong dan ia mendapatkan pemeriksaan secara lebih insentif untuk mengobati gangguan tersebut.


Membersihkan Telinga Bayi

Telinga Si Kecil memang perlu dijaga kebersihannya, tapi Moms cukup membersihkan bagian luar atau daun telinganya saja. Selain memiliki sistem pembersihan sendiri, lubang telinga bayi juga masih sulit dimasuki cotton buds. Dikhawatirkan Anda malah melukainya jika membersihkan bagian dalam dengan cotton buds. Berikut ini cara membersihkan telinga bayi Anda:



• Siapkan semua peralatan sebelum mulai membersihkan telinga bayi, yakni kapas bulat, kapas bertangkai, wadah berisi air hangat, baby oil, dan waslap atau sapu tangan handuk lembut.

• Basahi kapas bulat dengan air hangat, kemudian bersihkan bagian depan dan belakang daun telinga.

• Bagian daun telinga yang berlekuk agak dalam bisa dibersihkan dengan cotton buds yang dibasahi air hangat atau baby oil.

• Setelah bersih, keringkan seluruh telinga bagian luar dengan cara mengusapkan handuk lembut secara perlahan. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ini Pertolongan Pertama saat Anak Tersedak Makanan

Kenali Mikrotia, Kelainan Bawaan pada Telinga Anak

Kenali Apnea, Gangguan Pernapasan pada Bayi Baru Lahir

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019