Home - Bayi - Perawatan Bayi / 4 Desember 2018 / Redaksi

Moms, Ikuti 8 Cara Seru Ini saat Memandikan Anak, Yuk!

Meski awalnya memandikan bayi sedikit tricky, begitu sudah terbiasa, waktu mandi menjadi cara baik untuk mempererat ikatan antara Moms dan Si Kecil. Anda bisa mencoba aneka permainan dan aktivitas saat mandi agar kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan bagi bayi. Sebab, mandi tidak hanya sekadar untuk membersihkan tubuh Si Kecil saja. Kegiatan ini juga bisa menjadi bagian dari eksplorasi bagi panca indera bayi Anda. Agar lebih seru dan menyenangkan, buat acara mandi berbeda dari biasanya dengan cara berikut ini yuk, Moms!


Happy Splash

Bayi biasanya sangat senang menepuk-nepuk permukaan air menggunakan tangan atau kaki mungilnya. Moms bisa menyesuaikan tinggi air di bak mandi Si Kecil untuk memberikan sensasi cipratan yang berbeda. Hanya saja, pastikan agar Moms memegang dan menjaga keseimbangan Si Kecil dengan baik saat di bak mandi.


Happy Sounds

Selain mainan, Anda bisa memanfaatkan peralatan dapur untuk eksplorasi indera Si Kecil. Gunakan panci dan sendok atau sudip kayu yang bisa mereka pukul saat di bak mandi. Biarkan mereka mengetahui suara berbeda yang ditimbulkan saat memukul alat tersebut di dalam air.


Happy Colours

Memasukkan mainan aneka warna ke dalam bak mandinya memang membuat suasana jadi meriah sekaligus menstimulasi indera penglihatannya. Namun, Anda juga bisa menjadwalkan warna-warna tertentu setiap harinya.

Misalnya saja, hari ini, Moms bisa memasukkan mainan berwarna kuning ke dalam bak mandi. Di hari berikutnya, berikan mainan berwarna merah, begitu seterusnya. Cara ini akan membantu Si Kecil memelajari warna berbeda setiap harinya. Pastikan mainan yang digunakan cocok dan aman untuknya ya, Moms.


Happy Together

Moms bisa juga lho ikut masuk ke bak mandi bersama Si Kecil. Gunakan baju renang atau yang dirasakan nyaman, agar memudahkan Anda mandi bersama. Sentuhan kulit antara Anda dan bayi, akan memperkaya pengalaman sensorinya. Selain itu, bonding dengan bayi akan membuat mereka merasa aman.


Happy Dripping

Alat dapur lain, seperti gelas ukur dan saringan, bisa dimanfaatkan sebagai ‘mainan’ Si Kecil. Cobalah untuk mengucurkan air menggunakan gelas ukur. Setelah itu, pakai saringan untuk mengucurkan air. Kemudian, lihat reaksinya saat Anda melakukan hal itu. Moms bisa menanyakan kepada Si Kecil tentang pengalaman barunya tersebut.


Happy Ballons

Anda bisa membuat gelembung menggunakan sampo bayi. Tuangkan sedikit sampo bayi ke satu tangan. Lalu buat ibu jari dan jari telunjuk tangan yang lain hingga membentuk cincin dan gosokkan ke sampo. Nah sekarang, coba Moms tiup bagian tersebut untuk menciptakan gelembungnya dan lihat reaksi mengejutkan dari Si Kecil.


Happy Smells

Tak ada salahnya mencoba sabun bayi dari merek lain untuk mendapatkan aroma yang disukai oleh Anda maupun bayi. Cara ini sekaligus melatih indera penciuman Si Kecil.


Happy Songs

Untuk menambah suasana kian menyenangkan, Moms bisa menyenandungkan lagu riang saat memandikannya. Si Kecil pasti senang mendengarkan lagu tersebut dan Anda akan menstimulasi kemampuan musik serta bahasanya juga, lho! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Metode 5S untuk Redakan Tangis Bayi Baru Lahir

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menerima ASI Donor

Moms, Ini 4 Cara Sterilkan Botol Susu Bayi



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui