Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 3 Desember 2018 / Redaksi

Emilie, Bayi Terdiagnosa Neuroblastoma di Usia 7 Minggu

Mengandung dan melahirkan anak kembar menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Sebab, berbagai risiko kesehatan mungkin saja dialami salah satu bayi ataupun keduanya. Kondisi yang tidak menyenangkan ini pun dirasakan oleh Laura Jones, di Wales. Ibu dari Harrison ini juga memiliki bayi perempuan kembar, Elise dan Emilie. Saat usia si kembar 7 minggu, Emilie terlihat selalu menangis seperti kesakitan. Berbeda dengan Elise yang tampak tenang.

Setelah diperiksa, Emilie pun didiagnosa mengalami neuroblastoma. Ini merupakan kanker langka yang bisa terjadi pada bayi dan anak-anak. Sel kanker tersebut berkembang dari neuroblast atau sel-sel saraf yang belum matang pada tubuh Si Kecil.

Neuroblastoma paling sering terjadi di salah satu kelenjar adrenal yang terletak di atas ginjal. Mungkin juga terjadi di jaringan saraf yang membentang di sepanjang sumsum tulang belakang, seperti leher, dada, perut atau panggul.

Emilie, bayi penderita neuroblastoma yang didiagnosa pada usia 7 minggu

Jenis kanker ini dapat menyebar ke organ lain, di antaranya sumsum tulang, tulang, kelenjar getah bening, hati, dan kulit. Penyebabnya sendiri belum diketahui, dan kasusnya masih sangat sedikit serta tidak berkaitan dengan genetika.

Kondisi tersebut membuat Emilie harus diperiksa lebih lanjut, dengan kemungkinan dilakukan kemoterapi. “Saat ini resikonya terlalu besar baginya untuk mengangkat tumor karena bisa membuatnya lumpuh,” cerita Laura, dilansir dari Wales Online.

Meski tengah berjuang untuk hidupnya, sang ibu merasa bahwa Emilie terlihat selalu tersenyum. Tindakannya ini pun membuat keluarga dan orang di sekitarnya turut merasakan semangat Si Kecil yang ingin sembuh dari neuroblastoma.

Melalui kondisi Emilie, Laura dan sang suami, Jonathan ingin meningkatkan kesadaran akan neuroblastoma yang menyerang sekitar 100 anak setiap tahun di Inggris. Keluarganya pun terpilih untuk meluncurkan Cancer Research UK’s Kids & Teens Star Awards di Wales.

Penghargaan tersebut diberikan kepada anak pengidap kanker yang berprestasi. Kemudian, mereka akan diberikan sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk pengobatan mereka. Emilie pun menjadi salah satu contoh anak kecil yang mampu berjuang dan menginspirasi banyak orang. Kita doakan semoga Emilie segera sembuh dari penyakit kanker yang dideritanya ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Wales Online)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Bermata Indah, Bayi Ini Ternyata Idap Penyakit Langka

Lagi, Bayi Besar Seberat 5,7 Kg Lahir di Cilacap

Bayi Lahir Bermata Satu, Apa Penyebabnya?



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui