Mother&Baby Indonesia
Tips Meringankan Morning Sickness

Tips Meringankan Morning Sickness

Morning sickness atau mual muntah adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Ini beberapa tips untuk meringankannya, Moms.

1. Berkonsultasi dengan dokter sejak dini dan jelaskan kondisi Anda.

2. Minta dukungan kepada suami, keluarga, dan teman, misalnya dengan meminta mereka membantu memasak dan mengurus rumah selagi Anda beristirahat.



3. Hindari makanan dan bau yang bisa memicu rasa mual.

4. Makanlah kapan pun Anda bisa dan jangan terlalu mengkhawatirkan akan nutrisi. Anda bisa mengejar ketertinggalan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil setelah kondisi Anda sudah membaik.

5. Usahakan untuk tetap terhidrasi dengan cara minum sedikit demi sedikit.



6. Cobalah mengonsumsi bahan alami yang bisa meredakan mual, seperti jahe.

7. Istirahat sebanyak yang Anda bisa. Kelelahan bisa memicu timbulnya mual dan muntah.

8. Anda bisa mencoba pemijatan bagian tertentu, yakni di lengan bawah bagian dalam, kira-kira berjarak 3 jari (telunjuk, jari tengah, dan jari manis) dari pergelangan tangan, di antara 2 tendon atau otot. Nah, di titik inilah akupunktur dilakukan guna menghilangkan atau setidaknya mengurangi keluhan mual dan muntah. Pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, biasanya ada semacam benjolan kecil di titik tersebut. Dengan pemijatan atau penekanan saja benjolan kecil itu akan hilang bersamaan dengan berkurangnya keluhan mual dan muntah. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   morning sickness,   mual,   muntah