Mother&Baby Indonesia
Langkah Pijatan Suami untuk Redakan Sakit Punggung

Langkah Pijatan Suami untuk Redakan Sakit Punggung

Rasa sakit di punggung menjadi salah satu yang sering dikeluhkan oleh para ibu hamil. Tak jarang, rasa nyeri yang ditimbulkan membuat Moms kesulitan saat berjalan, beristirahat, mengangkat beban, hingga melakukan aktivitas lainnya.


6 Langkah Pijatan Suami

Untuk meredakannya, ada satu cara sederhana yang bisa dilakukan, yaitu dengan pijatan. Namun, pijatan ini akan terasa lebih nyaman bila dilakukan sendiri oleh suami Anda, Moms. Berikut ini 6 langkah sederhana pijatan suami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit di punggung Anda.



1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, di antaranya kursi, bantal penganjal, dua bola tenis, serta kaus kaki.

2. Moms bisa duduk menghadap ke sandaran kursi, letakkan bantal di antara sandaran dan dada Anda. Pegang punggung Moms dengan kedua tangan Dads sambil menarik napas secara bersama-sama dan embuskan secara perlahan.

3. Usap punggung Moms dengan kedua telapak tangan secara bergantian, dari bagian leher hingga tulang ekor. Lakukan 10-12 kali hingga ia merasa rileks.

4. Tekan bagian bokong hingga pundak dengan kepalan telapak tangan secara perlahan dan lembut. Sesuaikan tekanan tangan Dads dengan ritme tarikan dan embusan napas Moms.

5. Setelah itu, gunakan bola tenis untuk membantu pijatan. Masukkan dua bola tenis secara horizontal. Tekan kedua bola dengan kedua tangan, dimulai dari bagian bokong hingga pundak.

6. Terakhir, ulangi gerakan mengusap seperti di langkah ketiga, sebagai penutup.




Yang Perlu Diperhatikan

Agar pemijatan lebih bermanfaat, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

• Upayakan tarikan dan embusan napas Dads selalu seirama dengan Moms. Menarik napas dalam secara bersama-sama dapat membuat lebih rileks.

• Saat menekan bagian bokong, pastikan posisi Dads berlutut dengan satu kaki di atas dan yang lain di bawah, menyentuh lantai. Posisi ini akan membuat Anda lebih stabil.

• Jangan menggunakan kekuatan tangan untuk menekan! Gunakan bobot tubuh untuk memberikan dorongan saat menekan. Cara ini akan membuat lelah saat memijat.

• Pastikan punggung Dads selalu lurus saat memijat.

• Jangan menekan terlalu kuat dan pastikan perut Anda tidak tergencet saat dipijat ya, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   nyeri punggung,   pijat