Mother&Baby Indonesia
Siasat Cerdas Bercinta saat Hamil Muda

Siasat Cerdas Bercinta saat Hamil Muda

Moms, ketika Anda pertama kali dinyatakan positif hamil kemudian dokter menyarankan untuk rehat sejenak berhubungan intim, apa yang mesti Anda lakukan?

Tahukah Anda, sejumlah riset mengatakan jika kondisi hamil sebenarnya tidak menghalangi Anda dan pasangan untuk melakukan hubungan seks, kecuali jika ada alasan medis atau atas saran dokter kandungan Anda untuk tidak melakukannya.

Larangan dokter kandungan untuk Anda melakukan hubungan seksual disebabkan adanya risiko keguguran, rentan perdarahan, atau masalah kehamilan lainnya yang mungkin bisa terjadi pada Anda. Saat dokter menyatakan kandungan Anda aman, tetaplah bercinta.



Berikut ini tips bercinta ketika Anda sedang hamil muda, Moms.

1. Pada trimester pertama, Anda mungkin akan kerap merasa mual dan muntah atau sering dikenal dengan istilah morning sickness yang tidak hanya terjadi pada pagi hari, tapi juga siang, sore, dan malam. Hal ini bisa jadi membuat Anda tidak bergairah melakukan apa pun, termasuk untuk berhubungan seks. Namun, pada beberapa ibu hamil, rasa mual di malam hari justru mungkin dapat diobati dengan bercinta. Jadi, siasati waktu bercinta Anda di malam hari dan ucapkan selamat tinggal pada mual, Moms.

2. Tidak sedikit ibu yang mengaku mulutnya terasa pahit ketika hamil muda. Nah, agar Anda tetap nyaman bercinta, diskusikan terlebih dulu dengan pasangan bahwa Anda memilih untuk tidak melakukan seks oral atau french kiss karena mulut yang terasa pahit.

3. Moms tidak suka dengan bau parfum suami? Saatnya meminta ia mengganti parfum agar Anda kembali bergairah saat memandangnya. Bila perlu, pilih aroma yang sedang Anda gemari. Jika perlu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar aromaterapi untuk memilihkan aromaterapi yang cocok bagi Anda dan pasangan yang sekaligus bisa menaikkan libido Anda.



4. Saat hamil, payudara Anda akan membengkak, puting tegang, dan cenderung nyeri ketika dipegang. Sebelum Anda merasa ilfil bercinta dengan suami lantaran payudara Anda sakit, segera katakan bahwa payudara Anda kali ini hanya butuh usapan atau ciuman yang sangat lembut.

5. Ketika gairah bercinta Anda benar-benar hilang, coba lakukan kegiatan lain yang tetap terkait dengan keintiman. Misalnya dengan jalan-jalan berdua, berpelukan, mandi bersama, berendam bersama, atau saling memijat punggung.

6. Posisi woman on top bisa jadi pilihan posisi bercinta Anda karena Anda bisa lebih aktif sehingga Anda bisa mengatur kapan tekanan-tekanan membuat tubuh Anda tidak nyaman lantaran perubahan yang terjadi sejak hamil.

Pada dasarnya, kuncinya adalah jangan ragu untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda. Katakan apa yang Anda rasakan, apa yang Anda cemaskan, dan apa yang Anda inginkan. Hal ini akan membuat Anda berdua lebih bisa menikmati hubungan seksual tanpa perlu ada yang merasa terintimidasi atau terpaksa melakukannya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil muda,   bercinta,   berhubungan intim








Cover Januari - Februari 2020