Mother&Baby Indonesia
Amankah Menikmati Makanan Pedas saat Hamil?

Amankah Menikmati Makanan Pedas saat Hamil?

Di awal usia kehamilan, sebagian besar wanita tentu pernah menginginkan sesuatu dengan amat sangat, atau sering diistilahkan dengan ngidam. Ngidam ini bisa berupa perilaku yang harus dilakukan sang ayah atau ingin mencicipi makanan tertentu. Apalagi bagi Anda yang suka makanan pedas, rasa ingin memakan hidangan ini pun akan meningkat, bahkan saat usia kandungan 2 bulan.

Menurut dr. Ardiansjah Dara,Sp.OG, M.Kes, dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta, agar kehamilan berjalan lancar, Anda perlu memerhatikan asupan makanan dan minuman. Biasanya di awal kehamilan, ibu hamil akan mengalami kondisi mual dan muntah. Oleh karena itu, di trimester pertama kehamilan, Anda dianjurkan untuk menjaga pola makan dengan cara menghindari asupan yang merangsang lambung, seperti mengonsumsi makanan dan minuman asam maupun pedas.

Meskipun masih dibolehkan, jenis makanan yang pedas dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang kurang baik. Makanan ini dikhawatirkan bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Hal tersebut bisa membuat Anda muntah dan kehilangan selera makan serta minum.



Jika kondisi ini terjadi terlalu sering, akibatnya janin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup melalui ibunya. Selain itu, Moms juga bisa mengalami gangguan pencernaan seperti diare, yang bisa membuat ibu hamil mengalami dehidrasi dan membahayakan janin.



Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi makanan pedas, siapkan segelas susu untuk membantu meminimalisir asam lambung yang meningkat dan bisa membuat mual. Satu sendok makan madu juga dapat membantu mencegah maag setelah makan hidangan pedas. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   makanan pedas,   kesehatan








Cover Januari - Februari 2020