Mother&Baby Indonesia
10 Cara Agar Cepat Hamil

10 Cara Agar Cepat Hamil

Moms, jika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, cobalah 10 cara ini untuk mewujudkannya agar Anda bisa cepat hamil.

 

1. Ubah Gaya Hidup

Cek kembali gaya hidup Anda selama ini. Contohnya, jika Anda perokok, hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga! Banyak penelitian membuktikan bahwa merokok dapat mengurangi kesuburan. Kebiasaan merokok disinyalir membuat saluran falopi tersumbat sehingga perjalanan sperma bertemu sel telur terhambat, meningkatkan kehamilan ektopik hingga kualitas telur yang tidak bagus sehingga risiko keguguran pun tinggi.



 

2. Olahraga

Tidak ada yang menyangkal pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh. Namun jika Anda sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya kurangi frekuensinya, dan jangan lakukan olahraga secara berlebihan. “Terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan masa subur Anda terganggu,” jelas James Goldfarb, M.D, Direktur Klinik Kesuburan Cleveland, di Cleveland, AS. Karena olahraga berlebihan dapat menyebabkan kelenjar pituitari di dasar otak tidak merangsang sel telur untuk berovulasi. Olahraga setiap hari selama 45-50 menit, berisiko menyebabkan ketidaksuburan. Jika Anda ingin hamil, kurangi frekuensi olahraga menjadi, misalnya, berjalan kaki tiga kali seminggu selama 30 menit.

 

3. Jaga Berat Badan

Banyak riset menunjukkan bahwa kegemukan pada wanita bisa menurunkan kesuburan sekitar 4 persen. Timbunan lemak berlebih bisa mengakibatkan kelebihan produksi estrogren yang membuat ovulasi jadi tidak teratur. Sebaliknya, tubuh yang terlalu kurus juga bisa menyebabkan produksi hormon estrogen lambat, sehingga menyulitkan kehamilan. Cobalah memiliki berat badan ideal sesuai body mass index (BMI), yaitu sekitar 18.5-24.9. Ketahui BMI Anda dengan cara bagi berat tubuh dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan.

 

4. Hitung Masa Subur

Masa subur adalah masa di saat sel telur siap dibuahi oleh sperma. “Karena itu, wanita harus tahu siklus haid dan masa suburnya,” ujar Paula Hillard, M.D, obgyn dan ginekolog di Stanford University School of Medicine, California, AS. Anda bisa mengetahui dan menghitung masa subur Anda di sini, Moms.

 

5. Frekuensi Seks

Biasanya Anda dan pasangan berhubungan seks 3-4 kali seminggu. Namun karena sedang mengidamkan kehamilan, Anda berdua sepakat untuk menguranginya menjadi 1 kali saja seminggu. Alasannya, agar sperma tetap banyak dan kualitasnya terjaga. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut Samuel Wood, M.D, Direktur Reproductive Sciences Center, California, AS, kualitas sperma tidak akan berkurang karena seringnya berhubungan seks. Justru sebaliknya, semakin sering Anda berhubungan seks, semakin besar kemungkinan untuk hamil. Tetapi tentu saja tidak perlu harus 3-4 kali sehari karena hanya akan membuat Anda kelelahan dan tak lagi menikmati seks.

 



6. Nikmati Seks

Saat berhubungan seks dilakukan hanya karena Anda dan pasangan sekadar mengejar masa subur untuk pembuahan, sudah bisa dipastikan kenikmatan bercinta akan hilang. Mulailah menikmati hubungan seks tidak sebagai usaha untuk pembuahan, tapi juga karena Anda berdua menikmati dan nyaman melakukannya. Coba beberapa variasi posisi dan lokasi untuk meningkatkan mood Anda berdua.

 

7. Coba Posisi Seru

Saat berhubungan seks Anda selalu memilih posisi misionaris dengan anggapan ini adalah posisi terbaik untuk lekas hamil. Padahal sebenarnya, posisi istri di bawah atau suami di bawah, hasilnya akan sama. “Saat ejakulasi, sperma akan langsung berenang menuju rahim,” kata Serena Chen, M.D, Direktur dari Institute for Reproductive Medicine and Science at Saint Barnabas Medical Center, Pennsylvania, AS. Dengan alasan itu, Serena menyarankan, carilah posisi yang membuat Anda berdua bisa menikmati seks secara maksimal. “Ganti-ganti posisi Anda dan nikmati,” sarannya.

 

8. Rileks

Keinginan yang sangat kuat untuk segera hamil bisa membuat Anda stres. Padahal stres justru bisa membuat seseorang kehilangan selera untuk berhubungan seks dan membuat daya tahan tubuh juga menurun. Percayalah bahwa Anda dan pasangan sudah melakukan yang terbaik. Cobalah untuk lebih menikmati hidup. Apa pun yang bisa mengurangi stres akan meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil.

 

9. Aktif Berdua

Untuk lebih meningkatkan kemesraan hubungan Anda, buatlah daftar aktivitas yang bisa dilakukan berdua. Jadi, kebersamaan dan kemesraan Anda tak hanya berlangsung di tempat tidur, tapi juga di tempat dan suasana lain. “Banyak aktivitas yang menyehatkan pikiran dan tubuh yang bisa meningkatkan gairah seksual,” kata Mindy R. Schiffman, Ph.D, psikolog klinis dan terapi seks New York University's Fertility Center, AS. Lakukan olahraga, rekreasi, atau sekadar jalan-jalan berdua. Kebersamaan ini akan semakin memperkuat ikatan Anda dan pasangan.

 

10. Segera Konsultasi ke Dokter

Jika Anda sudah mencoba cara-cara di atas namun setelah 1-2 tahun buah hati belum juga hadir, saatnya konsultasi ke dokter. Namun, jika Anda berusia lebih dari 35 tahun dan pembuahan belum terjadi dalam enam bulan pertama, segera konsultasikan ke dokter. Sedangkan Anda yang berusia 40 tahun disarankan berkonsultasi tiga bulan kemudian karena kesuburan akan menurun bersamaan dengan bertambahnya usia. Jika salah satu dari Anda memiliki masalah kesuburan, lakukan pengobatan segera. Tidak usah pesimis Moms dan Dads, karena banyak pasangan yang bisa memperoleh keturunan setelah mereka melakukan pengobatan secara intensif. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   cepat hamil








Cover Januari - Februari 2020