Mother&Baby Indonesia
Mitos dan Fakta Cara Terbaik untuk Cepat Hamil

Mitos dan Fakta Cara Terbaik untuk Cepat Hamil

Setelah beberapa waktu menikah, Anda dan pasangan berpendapat bahwa sekaranglah waktu yang tepat untuk memiliki momongan. Anda pun ingin segera hamil agar bisa menimang buah hati. Karena itu, Anda dan suami menggali berbagai informasi untuk mencari tahu cara bagi Anda cepat hamil. Nah, dari bermacam informasi yang Anda berdua peroleh, ada yang ternyata sebagian masih berupa mitos dan ada juga yang berupa fakta. Dikutip dari buku What to Expect When You're Expecting yang ditulis oleh Heidi Murkoff dan Sharon Mazel, berikut ini mitos dan fakta mengenai cara cepat hamil, Moms.

 

Mitos: Bercinta setiap hari akan menurunkan jumlah sel sperma sehingga mempersulit Anda hamil.




Fakta: Meskipun hal tersebut pernah dipercayai sebagai fakta, belakangan ini penelitian justru menunjukkan bahwa bercinta setiap hari dalam rentang masa subur justru akan meningkatkan peluang untuk hamil daripada bercinta dua hari sekali. Jadi, lebih sering melakukannya tampaknya hasilnya akan lebih baik, Moms.

 

Mitos: Mengenakan celana ketat pada suami akan menurunkan kesuburannya.


Fakta: Para ilmuwan belum dapat memastikan jawaban tentang pengaruh celana ketat dan celana longgar yang dipakai oleh pria. Sebagian besar ilmuwan berpendapat bahwa pakaian dalam pria tidak mengganggu upaya untuk memiliki bayi. Akan tetapi, sebaiknya memang suami Anda tidak memakai celana yang terlalu ketat guna menjaga agar buah zakarnya tetap sejuk dan memberikan ruang untuk 'bernapas'.

 

Baca juga: 8 Makanan Penyubur Kandungan agar Lebih Mudah Hamil


Mitos: Posisi suami di atas saat bercinta merupakan cara terbaik bagi sel sperma untuk mencapai sel telur.




Fakta: Lendir mulut rahim yang menjadi encer dan elastis dalam masa subur merupakan sarana yang sempurna untuk membantu sel sperma berenang menyusuri vagina, mulut rahim, rahim, hingga ke tuba falopi guna menjumpai sel telur yang telah menantinya. Selama sel sperma dapat bergerak secara normal, ia tetap dapat mencapai tujuannya dalam posisi apa pun yang Anda dan suami pilih. Kendati demikian, ada baiknya jika Anda berbaring sebentar setelah berhubungan intim sehingga sel sperma tidak keluar dari vagina sebelum ia melaksanakan dan menyelesaikan misinya.

 

Mitos: Pelumas akan memperlancar perjalanan sel sperma.


Fakta: Justru sebaliknya yang benar, karena pelumas dapat mengubah keseimbangan pH di dalam vagina sehingga sel sperma jadi lebih sulit untuk bertahan hidup.

 

Mitos: Bercinta pada siang hari membuat Anda lebih mudah hamil.


Fakta: Jumlah sel sperma tampaknya lebih tinggi pada pagi hari, tetapi tidak ada bukti klinis bahwa bercinta di siang hari akan meningkatkan peluang kehamilan Anda. Meskipun begitu, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk tetap melakukan hubungan intim bersama suami sebelum makan siang. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   cara cepat hamil