Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 3 Desember 2018 / Redaksi

Bolehkah Konsumsi Sushi dan Makanan Mentah saat Hamil?

Saat hamil, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan diri sendiri serta janin yang dikandung. Sebab, kekeliruan sekecil apa pun dapat berdampak pada janin, hingga membahayakan perkembangannya serta kondisi Anda.

Salah satu yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah asupan makanan. Anda pun perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Dalam kondisi hamil, banyak ibu yang rela tidak mengonsumsi makanan favoritnya demi kesehatan janin.


Sushi

Jenis makanan asal Jepang seperti sushi pun menjadi salah satu yang perlu diawasi. Memang umumnya, makanan tersebut terbuat dari hidangan laut seperti ikan. Kandungan protein dan omega 3 yang cukup tinggi membuat Anda dapat mengonsumsinya.

Selain itu, jenis makanan Jepang tersebut memiliki kemungkinan yang kecil untuk terpapar parasit toksoplasma yang dapat membahayakan kehamilan. Hal ini yang menjadi pertimbangan bahwa sebenarnya tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan Jepang tersebut selama hamil.

Hanya saja, timbul kekhawatiran terhadap ikan laut yang mengandung merkuri. Karenanya, selektiflah dalam memilih jenis ikan. Hindari mengonsumsi ikan dengan kandungan tinggi merkuri. Pastikan juga bahwa ikan yang dikonsumsi sudah dimasak hingga matang, bukan yang mentah.

Sebab, mungkin saja terdapat cacing parasit pada ikan mentah yang disajikan. Cacing yang disebut anisakiasis tersebut dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, hingga diare. Sushi dengan kerang, kepiting, atau hewan laut bercangkang lainnya juga dilarang dikonsumsi, karena dapat menyebabkan keracunan makanan pada ibu hamil.


Makanan Mentah Lainnya

Pada masa kehamilan, makanan mentah lain seperti daging merah atau telur yang dimasak setengah matang menjadi makanan terlarang. Hal ini disebabkan adanya kandung parasit toksoplasmosis yang berakibat buruk bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

Tak hanya itu, bakteri salmonela yang mungkin terkandung dalam makanan tersebut dapat memicu tifus dan keracunan makanan. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan janin lahir cacat, hingga memicu keguguran.

Lebih baik Anda konsumsi sayuran dan buah, yang bisa disajikan dalam bentuk salad segar. Namun, pastikan bahwa Anda telah mencuci bersih buah dan sayuran mentah yang hendak dimakan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan pestisida, zat kimia, serta kotoran yang terdapat pada makanan tersebut. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Waspada, Depresi Saat Hamil Dapat Pengaruhi Otak Janin

Gangguan yang Muncul saat Hamil Akibat Perubahan Hormon

Mengenal Istilah Blighted Ovum atau Kehamilan Kosong



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui