Mother&Baby Indonesia
Apa Batasan Orang Tua Bermesraan di Depan Anak?

Apa Batasan Orang Tua Bermesraan di Depan Anak?

Moms, seberapa seringkah Anda saling memeluk atau mencium suami saat bersama Si Kecil? Sebagian orang tua merasa sah-sah saja untuk bermesraan di depan anak. Namun, ada juga yang merasa tabu untuk memeluk dan mencium pasangan saat ada Si Kecil.

Beberapa ibu nyatanya bersikap biasa saat bermesraan dengan suaminya ketika bersama anak-anak. Menurut mereka, ini merupakan cara yang baik untuk menunjukkan rasa cinta sekaligus bonding dengan pasangan. Anda pun bisa memberikan penjelasan bahwa menunjukkan perasaan cinta seperti itu hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah menikah.

Saat Anda dan suami melakukannya, tak jarang Si Kecil akan ikut memeluk dan mencium kedua orang tuanya. Bermesraan ini pun bisa menjadi sarana anak untuk yakin dengan rasa cinta dari Moms dan Dads untuknya. Ia pun bisa tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri.

Namun, tak sedikit dari para Moms yang tidak setuju dan enggan menunjukkan kemesraannya bersama suami di depan anak. Alasannya, karena mereka takut Si Kecil akan meniru sikap tersebut saat di usianya yang masih sangat kecil.

Jika bermesraan di depan anak, mungkin saja terekam di pikirannya mengenai hal yang belum sepatutnya ia ketahui. Tak sedikit juga anak terlihat bingung saat sang ayah memeluk sang ibu. Mereka pun akan marah untuk menunjukkan rasa cemburunya.

Menanggapi hal tersebut, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si., Psi, psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, menyatakan bahwa terdapat beberapa manfaat yang timbul ketika anak melihat orang tuanya mesra.

Pertama, Si Kecil akan merasa aman dan nyaman, karena mengetahui kedua orang tuanya saling menyayangi. Anak juga dapat belajar berbagai macam ekspresi cinta. Jika anak diperlakukan sama, ia akan merasa berharga dan dicintai.

Meskipun memiliki dampak positif, Anda juga perlu memberi batasan. Jangan lakukan perbuatan mesra yang mengundang gairah, seperti mencium bibir maupun bercanda mengenai seks di depan anak. Tindakan seperti ini sangat berpeluang untuk ditiru Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   pernikahan,   bermesraan