Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 1 Desember 2018 / Redaksi

5 Tips Pemberian ASI untuk Bayi saat di Perjalanan

Mendekati akhir tahun, saatnya untuk melakukan perjalanan liburan bersama keluarga. Menyenangkan rasanya bisa mengajak Si Kecil berlibur dan jalan-jalan ke luar kota. Meskipun demikian, hal ini juga menjadi satu tantangan tersendiri bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui. Rasa khawatir pun datang karena takut Si Kecil tidak mendapat asupan yang cukup saat di perjalanan.

Tenang saja, Moms. Anda dan Si Kecil tetap dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan tanpa mengganggu proses menyusui, kok. Berikut ini 5 tips dari Mother&Baby yang bisa Moms lakukan agar ASI tetap cukup dan pemberian ASI buat Si Kecil tidak merepotkan tentunya.

 

1. Siapkan Segalanya

Siapkan peralatan menyusui 2-3 hari sebelum bepergian. Alat-alat yang harus disiapkan, antara lain adalah apron, handuk, breast pad, tisu, air mineral, dan lainnya. Gunakan pakaian berkancing dan mudah menyerap keringat agar Anda lebih nyaman saat menyusui. Persiapkan juga jadwal menyusui sebaik mungkin.

 

2. Cari Tempatnya

Bepergian dengan mobil pribadi akan lebih memudahkan Anda menyusui Si Kecil. Selain menyusui di dalam mobil, Anda dapat berhenti di suatu tempat yang nyaman. Namun, apabila bepergian dengan pesawat terbang, susui Si Kecil sebelum naik pesawat. Saat ini telah tersedia nursery room yang cukup nyaman di setiap bandara. Gunakan apron jika Anda memakai kendaraan lain, misalnya mobil travel, kereta api, atau kapal laut.

 

3. Penuhi Cairan

Anda harus cukup minum agar produksi ASI lancar. Selalu sediakan air mineral atau jus dan buah-buahan yang mengandung air, seperti semangka.

 

4. Banyak Istirahat

Karena menyusui cukup menguras energi, maka sering-seringlah beristirahat. Selain itu, penuhi nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

 

5. Utamakan Nyaman

Kondisi yang nyaman akan membuat bayi berselera menyusu. Di dalam mobil, nyalakan AC agar bayi tidak kepanasan dan putarkan lagu kesukaannya. Atau pilihlah moda transportasi yang memberikan kenyamanan tinggi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Plus Minus Tempat Menitipkan Bayi buat Ibu Bekerja

5 Hal Agar Moms Lancar Menyusui Pasca Melahirkan

Trik Menyusui di Tempat Umum



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui