Home - Keluarga - Karier Ibu / 5 Desember 2018 / Redaksi

Tips Mencari Pekerjaan saat Hamil

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi Anda yang sedang mengandung. Pada umumnya, perusahaan akan berpikir 2-3 kali untuk merekrut seorang wanita hamil. Hal ini mengingat dalam waktu dekat Anda akan cuti bersalin dalam waktu cukup lama. Padahal, waktu kerja Anda masih relatif singkat.

Meskipun begitu, peluang untuk dapat diterima bekerja tetap ada kok, Moms. Terutama jika perusahaan sangat membutuhkan keahlian yang Anda miliki. Tunjukkan bahwa kehamilan tidak akan mengganggu pekerjaan Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk job hunting selama hamil.


1. Perkaya Diri

Persiapkan diri Anda dengan matang sebelum melakukan interview. Biarkan orang lain melihat kelebihan Anda dan tidak berfokus pada kehamilan Anda. Mulailah mencari tahu sejarah perusahaan, dan Anda akan lebih siap untuk melakukan interview. Pelajari pula pengelolaan tim, produksi, dan serba-serbi lainnya di perusahaan tersebut. Jadikanlah diri Anda sebagai orang yang dapat diperhitungkan.


2. Percaya Diri

Pada dasarnya, semua perusahaan mencari profil yang sama: berdedikasi, pekerja keras dengan sikap positif, dan berpotensi untuk menambah nilai bagi perusahaan. Hamil atau tidak, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi superstar. Kuncinya adalah berikut ini, Moms:

• Benar-benar percaya bahwa nilai Anda tidak berkurang karena hamil.

• Tunjukkan potensi Anda, baik secara tertulis di resume dan lisan ketika wawancara. Tumbuhkan rasa bahwa “perusahaan akan beruntung untuk memiliki saya, tanpa memandang status hamil saya.”


3. Bicara Tentang Kenyataan

Atasan mungkin khawatir bahwa Anda akan terlalu lama cuti setelah bayi Anda lahir atau lebih fokus mengasuh anak daripada pekerjaan. Tegaskanlah bahwa Anda memiliki etos kerja yang kuat. Tunjukkan pula Anda mampu menangani kondisi postpartum sekaligus bekerja dengan baik.


4. First Impression

Buatlah kesan yang baik ketika bertemu dengan pewawancara dengan mengenakan pakaian yang rapi, sopan, dan elegan. Ingat, karier berada dalam kendali Anda. Tidak perlu khawatir, takut, ataupun cemas. Semangati diri sendiri dan tunjukkan Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan tersebut.


Selamat mencari pekerjaan baru dan semoga sukses, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

6 Cara Mengumumkan Kehamilan di Kantor



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui