Mother&Baby Indonesia
Ini 6 Tips Lakukan Side Project saat Masih Bekerja

Ini 6 Tips Lakukan Side Project saat Masih Bekerja

Saat ini, mulai menjamur bisnis dengan produk yang unik sehingga mampu menarik minat pasar. Secara tak sadar, situasi tersebut membuat Moms ingin merintis sebuah usaha sendiri. Meskipun demikian, Anda masih merasa kurang tepat untuk menjalankannya sebab masih memiliki status pegawai.

Memiliki penghasilan besar dari bisnis sendiri pun terdengar menggiurkan. Namun di sisi lain, rasanya terlalu riskan bagi Anda untuk hidup tanpa gaji bulanan. Hapus kebingungan Anda dan lakukan 6 langkah ini untuk memulai side project, Moms.




1. Fokus pada Satu Usaha

Banyak ide bermunculan di kepala, tetapi bingung ingin memilih yang mana? Menjalankan lebih dari satu bisnis dengan masih bekerja, akan berbuah sia-sia. Pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan keahlian. Ini adalah cara terbaik untuk memulai suatu usaha.


2. Perencanaan Jelas

Perencanaan yang matang berpengaruh besar terhadap keberhasilan usaha Anda. Moms dapat mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dan jumlah modal yang dibutuhkan, jika sudah ada rencana yang jelas. Jangan lupa untuk mempelajari biaya operasional serta minat dan kebutuhan pasar, agar perencanaan dan target usaha lebih realistis.


3. Perluas Networking

Networking menjadi salah satu landasan keberlangsungan usaha. Perluas jaringan, baik dengan mengikuti komunitas ataupun bergaul dengan teman kerja. Mereka adalah orang-orang pertama yang bisa ditawarkan untuk membeli produk atau jasa Anda.




4. Ungkapkan Ide

Terkendala dengan modal? Pinjaman bank bukan satu-satunya jalan keluar! Cobalah untuk menjual ide Anda kepada rekan kerja. Siapa yang tidak tertarik dengan ide orisinal, perencanaan yang jelas, dan target realistis? Mengungkapkan ide akan menjadi gerbang masuk bagi investor maupun partner bisnis.


5. Bekerja Cepat

Memulai usaha sampingan membutuhkan waktu, tenaga, dan pemikiran. Namun, bukan berarti Anda harus mengorbankan pekerjaan kantor. Sebaliknya, bekerjalah dengan maksimal agar pekerjaan cepat selesai. Gunakan waktu yang tersisa untuk kembali merancang bisnis Anda.


6. Update Teknologi Terbaru

Ada satu contoh nyata mengenai dampak dari perkembangan teknologi, yaitu menjamurnya bisnis dan transportasi online. Anda tidak boleh ketinggalan! Agar usaha lancar, pastikan Anda terhubung dengan teknologi terbaru


Selamat menjalankan side project Anda, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   ibu bekerja,   side project








Cover Maret 2020