Mother&Baby Indonesia
5 Trik Kelola Bonus Akhir Tahun agar Tak Cepat Habis

5 Trik Kelola Bonus Akhir Tahun agar Tak Cepat Habis

Wah, bonus akhir tahun sudah di tangan! Dan biasanya, dengan jumlah yang cukup besar, bonus tersebut bahkan bisa digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Tapi, apakah tindakan ini sudah tepat dilakukan dalam pengelolaan bonus akhir tahun Anda? Sebaiknya, jangan langsung dihabiskan dalam waktu singkat, Moms. Bijaklah dalam mengelola bonus yang Anda dapatkan dengan melakukan trik keuangan berikut ini, sehingga bonus tahunan bisa terasa manfaatnya:


1. Berinvestasi

Salah satu cara yang bijak dalam memanfaatkan bonus yang didapat adalah dengan menginvestasikannya. Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih, seperti reksadana, deposit, juga saham. Profit yang didapat bisa berguna di masa depan, Moms.




2. Dijadikan Tabungan

Bonus akhir tahun bisa dijadikan sebagai simpanan untuk dana pendidikan Si Kecil. Selain itu, bonus tersebut juga bisa disimpan sebagai dana darurat dalam keluarga. Misalnya saat anak harus membeli keperluan sekolahnya.


3. Membayar ‘Kewajiban’

Selama satu tahun ke belakang, mungkin ada utang dan kewajiban yang belum Anda bayarkan. Bonus akhir tahun bisa menjadi penolong untuk membayar hal-hal tersebut. Ini juga menjadi satu langkah positif Anda agar tidak terbelit utang di tahun yang baru.




4. Bersedekah

Hal penting lain yang juga perlu Anda lakukan adalah memberikan lebihnya rezeki Anda kepada yang kurang mampu. Sisihkan sekitar 10 persen untuk memulai tahun dan hidup yang baru dengan nuansa positif dan perasaan hati yang tenang.


5. Bersenang-Senang

Di samping itu semua, Anda juga tetap bisa menggunakan bonus tersebut untuk bersenang-senang. Moms bisa membelanjakannya atau mengajak keluarga berlibur bersama. Yang penting adalah buat apresiasi untuk diri Anda setelah bekerja keras selama satu tahun ini. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   keuangan,   bonus akhir tahun








Cover Januari - Februari 2020