Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Tips Hemat untuk Merayakan Natal

Moms, Ini Tips Hemat untuk Merayakan Natal

Dalam menyambut hari Natal, butuh banyak persiapan seperti kado untuk keluarga atau membeli beragam dekorasi bernuansa Natal. Banyaknya diskon dan potongan harga di akhir tahun ternyata dapat membuat Moms berbelanja secara berlebihan.

Hal ini tentu akan memengaruhi perencanaan keluarga Anda. Bahkan menurut survei dari National Retail Federation, rata-rata orang Amerika Serikat menghabiskan sekitar $700 untuk mempersiapkan kebutuhan saat Natal dan makan malam bersama keluarga. Maka dari itu, Anda harus pintar dalam mengatur dan memilah pengeluaran akhir tahun yang bisa membengkak tersebut. Jangan asal belanja, Moms! Tentukan strategi belanja yang tepat dengan tips mudah berikut ini:




1. Lakukan Perencanaan

Jika Anda hendak berbelanja, jangan lupa siapkan daftar hal-hal yang akan dibelanjakan. Hal ini akan membuat Anda lebih memperhitungkan jumlah barang yang dibeli dan biaya yang dikeluarkan, sehingga sesuai dengan yang sudah direncanakan.

 

2. Manfaatkan Voucher, Diskon, dan Promo

Berbagai pusat perbelanjaan akan beramai-ramai menawarkan voucher, diskon, juga promo yang menarik. Hal ini pun bisa Anda gunakan, tentunya dengan bijak agar dapat menghemat pengeluaran. Meskipun potongan harga hanya sebesar 5-30 persen, ini bisa sangat berpengaruh pada jumlah biaya yang dikeluarkan.

 



3. Pintar Menggunakan Media Digital

Sebelum Anda berbelanja, manfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mengikuti akun toko belanja yang menawarkan diskon khusus. Tak ada salahnya juga untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online, dengan harga yang bisa lebih murah dibandingkan jika Anda membelinya di toko secara langsung.


4. Beli Sebelum Hari H

Ada baiknya jika Anda berbelanja jauh-jauh hari. Sebab, harga yang ditawarkan belum begitu tinggi. Anda juga bisa manfaatkan promo belanja online dengan beragam barang menarik yang bisa Moms pilih dengan harga terjangkau.

 

5. Lebih Baik Uang Tunai

Saat membeli persiapan menyambut Natal, layanan kartu kredit dan debit memberikan potongan harga yang bisa memangkas pengeluaran. Tetapi, akan lebih baik jika Anda menyiapkan uang tunai yang cukup untuk pembayaran. Perilaku ini akan sangat berpengaruh pada perencanaan keuangan yang dibutuhkan untuk berbelanja perlengkapan Natal. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   keuangan,   natal








Cover Januari - Februari 2020