Mother&Baby Indonesia
4 Trik Bijak Memakai Kartu Kredit

4 Trik Bijak Memakai Kartu Kredit

Kartu kredit sejatinya dibuat untuk membantu memenuhi kebutuhan. Namun, tidak sedikit yang akhirnya kehilangan kontrol, akibat dimanjakan dengan kemudahan pembayaran secara mencicil. Padahal cara ini tidak tepat.

Hidup Anda pun tidak akan lebih mudah, malah sebaliknya, utang bisa menumpuk di kemudian hari. Agar tak pusing akibat terbelit utang dan bijak dalam menggunakan kartu kredit, lakukan pencegahannya dengan menerapkan 4 langkah berikut ini:




1. Batasi 2 Kartu

Apa gunanya kesenangan sesaat, jika akhirnya Anda pusing akibat kesulitan membayar? Agar tidak pusing, batasi kepemilikan kartu kredit Anda, maksimal 2 kartu saja. Anda perlu ingat, bahwa semakin banyak kartu, semakin banyak utang yang perlu dibayar!


2. Atur Limitnya

Selain membatasi jumlah kartu, limit penggunaan juga perlu diatur. Tentukan limit sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Anda dapat menentukan limit yang kecil pada kartu yang satu dan limit yang lebih besar dapat digunakan untuk berjaga-jaga, seandainya ada keperluan mendesak.




3. Tentukan Budget

Sebaiknya tidak menjadikan limit kartu kredit sebagai patokan jumlah yang harus digunakan. Akan lebih baik, jika Anda bisa menggunakannya di bawah limit yang ditentukan. Selain bisa menghemat, kebiasaan ini dapat mencegah terjadinya over limit, yang akan berjuang pada denda.


4. Manfaatkan Point Reward

Sejumlah bank memberikan poin untuk setiap pembayaran dengan kartu kredit. Poin ini dapat ditukarkan dengan hadiah atau promo menarik, jika sudah mencapai jumlah tertentu. Agar penggunaan kartu kredit semakin efektif, jangan lewatkan kesempatan menggunakan point reward. Siapa tahu, barang yang Anda inginkan adalah salah satu hadiahnya? (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   keuangan keluarga,   kartu kredit








Cover Januari - Februari 2020