Mother&Baby Indonesia
Serba-Serbi Perayaan Hari Ibu di Mancanegara

Serba-Serbi Perayaan Hari Ibu di Mancanegara

Tanggal 22 Desember merupakan hari spesial untuk Anda para ibu. Ya, pada tanggal tersebut, bangsa Indonesia memperingati Hari Ibu. Perayaan Hari Ibu pada 22 Desember ini disahkan oleh Presiden Soekarno dalam Dekrit Presiden No. 316 tahun 1953. Hari itu bertepatan dengan ulang tahun ke-35 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Kongres tersebut diadakan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Adapun di negara-negara lain, peringatan Hari Ibu dirayakan di tanggal yang berbeda-beda. Perayaan Hari Ibu di negara-negara tersebut pun memiliki tradisi dan cerita yang menarik seperti berikut ini.




Thailand

Perayaan Hari Ibu di Thailand jatuh pada tanggal 12 Agustus yang juga merupakan peringatan ulang tahun Ratu Sirikit. Hari Ibu di Thailand dirayakan secara nasional dengan pagelaran konser dan parade. Perayaaan Hari Ibu diawali dengan memberikan sedekah kepada rahib atau biarawan. Kemudian sang anak mengekspresikan kasih kepada ibu dengan memberikan bunga melati yang dianggap sebagai tanda sucinya kasih ibu.


Jepang

Dahulu, Hari Ibu di Jepang dirayakan setiap tanggal 6 Maret sebagai penghormatan kepada Putri Mahkota Kojun, ibu Kaisar Akihito. Namun pada perkembangannya, Jepang mengikuti tradisi lain di dunia untuk merayakan Hari Ibu di hari Minggu kedua bulan Mei. Pada momen ini, anak-anak akan memberikan bunga anyelir kepada ibu mereka. Di Jepang, bunga anyelir memang merupakan simbol dari ibu. Selain itu, mereka juga berkumpul dan berdoa bersama. Restoran-restoran pun penuh dengan pengunjung yang merayakan hari spesial ini bersama keluarga.


Australia

Hari Ibu di Australia diperingati di setiap hari Minggu kedua bulan Mei. Di hari itu, anak-anak akan membuat kartu ucapan spesial dan membelikan bunga untuk ibu mereka. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan bunga untuk nenek, tante, atau wanita lain yang pernah menjaga mereka di masa kecil.


Inggris

Di Inggris, Hari Ibu dikenal dengan istilah Mothering Sunday dan dirayakan setiap hari Minggu tiga minggu sebelum Hari Paskah. Hari spesial ini biasanya jatuh di pertengahan Maret atau awal April. Di hari itu, anak-anak pergi ke gereja terdekat dengan tempat tinggal ibu mereka. Mothering Sunday juga menjadi momen setahun sekali anak-anak pulang dan keluarga berkumpul kembali. Pada momen ini, para pekerja diperbolehkan libur untuk mengunjungi orang tua mereka. Permen, cokelat, dan bunga menjadi hadiah yang akan diberikan kepada sang ibu.




Amerika Serikat

Sejarah Hari Ibu di AS dimulai untuk mengenang Anna Jarvis, seorang aktivis sosial dan pendiri gerakan Hari Ibu. Kemudian, Hari Ibu disahkan oleh Presiden Woodrow Wilson untuk dirayakan di hari Minggu kedua di bulan Mei, bertepatan dengan Joint Revolution pada 8 Mei 1914. Hari Ibu di Amerika Serikat dirayakan besar-besaran dengan bunga dan kartu ucapan. Restoran-restoran biasanya sudah dipesan dan penuh beberapa hari menjelang Hari Ibu. Kebanyakan para ibu tidak akan diperbolehkan bekerja dan memasak di Hari Ibu.


Spanyol

Sampai tahun 1965, Spanyol memperingati Hari Ibu setiap tanggal 8 Desember setiap tahunnya. Namun karena upaya pemisahan Hari Ibu dari konsepsi Gereja, tanggalnya dipindah ke hari Minggu pertama di bulan Mei. Di hari itu, sang anak akan menghadiahi ibunya kartu ucapan dan memberi kado kecil untuk ibu merupakan sebuah kewajiban turun-menurun.


Meksiko

Di negara ini, Hari Ibu dirayakan pada 10 Mei. Di hari itu, semua orang akan menyanyikan lagu Las Mananitas dari The Virgin untuk ibu masing-masing. Pada hari itu juga, gereja-gereja menyediakan makanan bagi seluruh ibu. Momen ini disebut dengan tamale dan atole. Selain memberi bunga, anak-anak juga akan memberikan hadiah. Biasanya anak yang sudah tua dan bekerja memberikan hadiah yang paling mahal.


India

Ada banyak versi Hari Ibu di India. Ada yang merayakan seperti tradisi Barat, yaitu di hari Minggu kedua bulan Mei. Ada juga yang merayakannya pada 22 Desember. Namun, banyak pula yang merayakan selama sepuluh hari penuh di bulan Oktober. Yang terakhir adalah tradisi umat Hindu yaitu festival Pujha Durga, sebuah penghormatan kepada Dewi Durga yang dianggap ibu alam semesta. Selain memberi hadiah, di hari ini anak-anak juga akan memanjakan ibunya. Semua tugas ibu akan diambil alih oleh sang anak, sehingga sang ibu bisa bersantai di rumah.


Afrika Selatan

Sama seperti kebanyakan negara di Barat, Afrika Selatan merayakan Hari Ibu pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Kebanyakan hadiah yang dikirimi orang-orang Afrika Selatan untuk ibu mereka adalah bunga. Pada hari spesial tersebut anak-anak akan memakai warna merah atau pink sebagai tanda cinta untuk ibu mereka. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hari ibu. perayaan










Cover April 2020