Mother&Baby Indonesia
Para Seleb yang Pernah Mengalami Mom-Shaming

Para Seleb yang Pernah Mengalami Mom-Shaming

Moms, pernahkah Anda mendapatkan komentar-komentar usil dan sindiran mengenai gaya pengasuhan anak dari teman, tetangga, atau kerabat Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian, Moms. Banyak ibu muda yang mendapatkan komentar atau kritik dari orang lain mengenai caranya dalam mengasuh dan membesarkan anak. Tidak hanya orang biasa, para selebriti pun ternyata pernah mengalaminya. Berikut ini beberapa selebriti yang pernah mendapatkan perlakuan mom-shaming.


Mila Kunis

Artis yang terkenal karena membintangi serial TV That '70s Show ini pernah dikritik orang-orang karena menyusui anaknya di tempat umum. Ia pun membela diri, “Mengapa saya melakukannya di tempat umum? Karena saya harus memberi makan anak saya. Dia lapar. Menurut saya menyusui anak di tempat umum bukan tindakan seksual. Saya pikir sangat disayangkan jika Anda mengkritik keras ibu-ibu yang memilih melakukan hal tersebut. Itu bukan untuk Anda, jadi Anda tidak usah repot-repot melihatnya.”




Chrissy Teigen

Supermodel ini kerap menerima perlakuan mom-shaming dari netizen di akun media sosial miliknya tentang caranya mengasuh anak. “Saya tahu jika saya posting tentang anak saya, misalnya saat ia duduk di car seat, saya harus siap dengan komentar ribuan orang yang mengatakan bahwa cara saya menaruh Si Kecil di car seat itu salah, meskipun ia sudah duduk dengan benar. Saking seringnya, saya jadi tahu apa yang akan mereka katakan sebelum mereka mengatakannya, misalnya saat saya menggendong anak ketika memasak, saya bisa perkirakan apa komentar dari mereka tentang hal itu.”


Beyonce

Bahkan seorang diva seperti Queen Bey juga tak luput dari perilaku mom-shaming. Ia pernah dikritik karena penampilan sang anak, Blue Ivy, pada suatu kesempatan, dengan rambut yang berantakan. Beyonce pun dituduh tidak pernah mau merawat rambut Si Kecil. Bahkan, salah satu hater sampai merasa perlu membuat petisi “Comb Her Hair” di Change.org.


Pink

Pelantun lagu What About Us ini pernah posting foto sedang memasak sambil menggendong anaknya, Jameson, yang saat itu berusia 6 bulan, di dadanya. Meskipun di foto terlihat jelas bahwa jarak ia dan anaknya aman dari kompor, orang-orang tetap menuduh bahwa bintang pop tersebut telah menempatkan putranya dalam situasi yang 'berbahaya'.


Kim Kardashian

Keluarga Kardashian memang memiliki banyak hater. Dan soal mom-shaming, Kim lah yang paling banyak mendapat perlakuan tersebut dari netizen. Cerita berawal dari Kim yang kangen dengan anak-anaknya. Ia pun mem-posting fotonya bersama Saint dan Chicago. Tak disangka, foto tersebut menarik perhatian dari netizen yang lebih memerhatikan dot di mulut Saint. Tidak butuh waktu lama, muncullah mom-shaming di kolom komentar. Kim lalu menambahkan keterangan, “untuk para mom-shammers, itu bukan dot, ia hanya mengemut permen.”




Reese Witherspoon

Bahkan bintang kesayangan publik AS ini pun tak luput dari serangan mom-shammers. Mereka memarahinya setelah ia mengunggah foto cinnamon rolls yang ia buat untuk anaknya. Netizen berkomentar bahwa makanan tersebut bukan pilihan yang sehat untuk diberikan pada putranya.


Kristin Cavallari

Saat ia mengunggah foto suaminya sedang bermain dengan anak-anaknya di pantai, aktris ini dikritik oleh para follower-nya yang berpendapat bahwa putra-putranya terlalu kurus.


Kelly Clarkson

Ketika juara American Idol musim pertama ini berbagi video tentang putrinya, River, makan Nutella untuk pertama kalinya, ia pun langsung diserang kritikan bertubi-tubi. Momen manis ini bahkan tertutupi oleh kritik yang mengklaim makanan tersebut dikemas dengan bahan-bahan berbahaya dari gula hingga karsinogen dan ia membahayakan putrinya dengan makanan tersebut.


Masih banyak lagi perlakuan mom-shaming yang diterima oleh para selebriti, baik dari luar negeri maupun di dalam negeri. Padahal, faktanya, yang memberikan komentar atau kritik belum tentu mengerti benar dengan kondisi mereka ataupun anak mereka.

Pada akhirnya, menjadi seorang ibu bukan pekerjaan yang mudah, karena #IbuJugaManusia. Harus diakui bahwa sangat sulit membesarkan anak di dunia saat ini. Menjadi orang tua adalah proses pembelajaran yang akan terus Anda lakukan. Karena itu, sebagai sesama ibu, kita harus saling membantu. #StopMomShaming #NoMoreMomsWar. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   pengasuhan anak,   mom-shaming










Cover April 2020