Mother&Baby Indonesia
Seberapa Hebatkah Peran Seorang Ibu? Ini 8 Buktinya

Seberapa Hebatkah Peran Seorang Ibu? Ini 8 Buktinya

Moms, Anda tentu sering mendengar bahwa sebagai ibu, seorang perempuan dituntut untuk bisa melakukan segala hal, mulai dari mengurus anak, suami, dan rumah tangga. Ini bukan sesuatu yang mudah pastinya. Belum lagi bila Anda adalah seorang pekerja. Moms pun harus pintar-pintar membagi waktu untuk keluarga dan pekerjaan.

Kendati demikian, masih banyak anggapan yang mengatakan bahwa sosok perempuan lebih lemah daripada laki-laki. Jika kita berbicara soal fisik, kaum perempuan memang tidak bisa mengangkat beban puluhan kilogram sekaligus. Akan tetapi, ukuran kekuatan rasanya tidak bisa dinilai dari hal itu saja. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang ibu baik dalam pekerjaan maupun urusan rumah tangga, yang bahkan lebih baik daripada laki-laki.

Hal ini pun menjadi bukti bahwa sosok ibu yang dijalankan perempuan memiliki kehebatan tak kalah dengan sang ayah. Jika ditelaah, ada 8 hal tentang kekuatan perempuan yang dibuktikan melalui berbagai fakta ilmiah. Penasaran apa saja, Moms? Berikut ini fakta selengkapnya:




1. Waktu Hidup Lebih Lama dan Lebih Sehat

Menurut penelitian, perempuan cenderung memiliki waktu hidup 6-7 tahun lebih lama daripada laki-laki. Perempuan juga dinyatakan lebih sehat secara fisik dan mental, karena kesukaannya dalam berbicara hingga 20 ribu kata dalam sehari. Hebat ya, Moms!


2. Sistem Imunitas Lebih Kuat

Perempuan memiliki hormon esterogen yang lebih banyak daripada laki-laki. Hormon ini meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh, serta membuat indera penciuman perempuan lebih sensitif.


3. Kemampuan Mengambil Keputusan

Sebuah studi dari International Journal of Business Governance and Ethics, menyebutkan bahwa seorang perempuan adalah pemimpin yang lebih baik dan bijaksana saat mengambil keputusan. Tak heran, kan, kenapa Moms yang mengurus keuangan keluarga?


4. Dapat Membedakan Warna

Khususnya saat berbelanja, kemampuan ini akan terlihat ketika Moms sedang memilih pakaian. Hal tersebut dikarenakan sensitivitas kromatis perempuan secara langsung diturunkan dari kromosom X. Inilah yang membuat Anda mampu memebedakan warna Magenta dan Fuschia dengan tepat.


5. Lebih Kuat Terhadap Cuaca Ekstrem

Perempuan diketahui memiliki lapisan lemak yang lebih dalam di bawah kulit. Kondisi ini yang bisa membuat Anda bertahan di suhu yang dingin dibandingkan laki-laki. Lapisan lemak tersebut juga dapat menjaga janin tetap hangat.




6. Dapat Hamil dan Melahirkan

Pada dasarnya, tubuh semua perempuan diciptakan untuk dapat merasakan kehamilan selama 9 bulan. Ini diperkuat dengan tulang punggung bawah dan tulang panggul yang lebih kuat dibandingkan laki-laki. Hal tersebut yang membuat Moms dapat menahan rasa sakit saat proses melahirkan.


7. Memproduksi Susu Sendiri

Pasca melahirkan, tugas sebagai ibu selanjutnya adalah memberikan asupan kepada Si Kecil berupa susu. Dan percayalah, ASI menjadi pilihan terbaik dalam pemberian nutrisi dan gizi yang lengkap sampai bayi usia 2 tahun.


8. Kuat Secara Mental

Tantangan seorang ibu pun tak sedikit. Mulai dari pola asuh, pemberian makanan, pendidikan, bahkan hingga memakaikan baju yang bisa saja dikritik oleh orang lain. Dengan mental yang kuat, Moms pun sanggup mengatasi segala hal tersebut dengan sabar dan tetap bisa mengurus anaknya dengan baik.


Dari fakta-fakta di atas, sosok ibu memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan seorang anak. Meskipun demikian, menjadi seorang ibu memang tidak semudah yang dibayangkan, butuh persiapan yang matang, baik mental maupun fisik dalam merawat Si Kecil. Terkadang ibu pun melakukan beberapa 'kesalahan' karena #IbuJugaManusia. Namun, setiap ibu selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi keluarganya. Karena itu, sebagai sesama wanita, Moms sebaiknya harus saling mendukung dan tidak menjatuhkan. #StopMomShaming #NoMoreMomsWar. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)




Tags: keluarga,   mums know best,   ibu hebat,   the power of mom,   #ibujugamanusia,   #stopmomshaming,   #nomoremoms








Cover Maret 2020