Home - Kesehatan - Kesehatan / 23 Desember 2018 / Redaksi

Zat Pemanis Xylitol dapat Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Mulut dikenal sebagai salah satu sumber awal masuknya bakteri dan kuman. Hal ini bisa diperoleh dari makanan atau benda asing yang dimasukkan ke dalam mulut yang dapat mengganggu kesehatan seluruh tubuh.

Karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh, perlu diawali dengan menjaga kesehatan mulut. Ini tak terkecuali gigi dan gusi yang ada di dalamnya. Dan salah satu caranya adalah dengan rajin menggosok gigi serta mengonsumsi makanan dengan zat yang baik untuk kesehatan mulut.



Xylitol

Pemanis alami xylitol menjadi salah satu zat yang terdapat dalam sayuran dan buah, seperti plum, bayam, wortel, maupun kubis. Rasanya hampir menyerupai gula tebu. Kandungan kalorinya 40 persen lebih rendah dan kandungan karbohidratnya 7 persen lebih rendah.

Karenanya, bahan tersebut semakin banyak dijumpai pada salah satu kudapan favorit anak-anak, yaitu permen. Terlalu banyak konsumsi permen memang tidak disarankan. Namun, drg. Peter Andreas M.Kes., dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, memiliki pendapat yang berbeda.

Ia menyatakan bahwa permen yang mengandung xylitol bisa menjadi alternatif untuk merawat kesehatan gigi. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian dari University of Turku di Finlandia.

Mereka menyimpulkan bahwa konsumsi xylitol secara rutin pada anak-anak dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Karena sifatnya yang lambat diserap usus, konsumsi xylitol secara berlebihan hanya akan menyebabkan diare ringan tanpa dampak kesehatan lainnya.

Ditambahkan Prof. Kauko K. Mkinen, Guru Besar Kedokteran Gigi University of Turku, mengonsumsi 2 butir permen yang kandungan xylitolnya minimal 50 persen dari total kandungan pemanis, setelah makan dan sikat gigi, dapat menurunkan risiko kejadian karies gigi.

Sarannya, konsumsi xylitol sebanyak 6-12 gram sehari dan kulum selama 5 menit guna mendapat efek maksimal. Penyerapan oleh tubuh pun terjadi secara perlahan, sehingga baik juga untuk dikonsumsi oleh Moms yang ingin menjaga berat badan Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Amankah Mengonsumsi MSG saat Hamil?

Atasi Influenza Si Kecil dengan Obat Alami

Polusi Udara Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak



OTHER ARTICLES

Tips Mengatasi Balita yang Suka Menggigit

Hipertiroid saat Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

6 Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Sampai Melahirkan

3 Kebiasan Bayi saat Tidur yang Wajib Diwaspadai

Mengenal Sindrom Pipi Merah pada Anak, Apa Itu?