Mother&Baby Indonesia
6 Aktivitas Seru untuk Liburan di Rumah Bersama Anak

6 Aktivitas Seru untuk Liburan di Rumah Bersama Anak

Mengisi liburan tak harus pergi ke tempat wisata yang memang akan ramai dengan pengunjung. Anda tetap bisa membuat liburan Si Kecil menjadi sangat menyenangkan, meskipun hanya menikmatinya di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Cek daftar aktivitas seru selama liburan di rumah berikut ini yuk, Moms!


1. Masak Bersama

Salah satu kegiatan seru saat liburan adalah membuat makanan kesukaan bersama-sama. Ajak Si Kecil untuk masak menu favoritnya, mulai dari membelanjakan bahan, menyiapkannya, hingga memasak dan menghidangkannya untuk keluarga. Anda juga bisa membuat perlombaan menghias cupcake atau biskuit dan memakan semua itu setelah lomba selesai.




2. Movie Marathon

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki daftar film yang ramah anak, tontonlah bersama Si Kecil. Agar semakin seru, Moms bisa menjadi petugas loket dan menjual tiket film yang akan ditonton anak. Siapkan juga popcorn dan minuman agar acara menonton terasa lebih menyenangkan.


3. Buat Pementasan

Untuk meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil, Anda bisa membuatkan sebuah ruangan yang dihias seperti panggung kompetisi di televisi. Lalu, biarkan anak Moms mengekspresikan dirinya dengan menari, bernyanyi, atau menampilkan monolog.

Atau, biarkan dia mengenakan pakaian kesukaan dan membuat fashion show khusus di mana Si Kecil adalah modelnya. Anda pun bisa mengundang saudara atau tetangga dekat rumah dan ikut serta dalam pementasan agar semakin meriah.




4. Bereksperimen

Mengajarkan sains sejak kecil ternyata bisa membuat Si Kecil lebih berani untuk mencoba sesuatu yang baru. Mereka pun merasa percaya diri saat bisa menghasilkan sebuah percobaan yang diciptakannya. Ada banyak eksperimen yang tidak memerlukan bahan kimia, seperti membuat roket dari botol bekas dan minuman bersoda atau Anda bisa mencari referensi lainnya di internet.


5. Bebas Berimajinasi

Mainan di rumah tentu saja bisa menjadi pelepas rasa jenuh saat liburan di rumah. Si Kecil bisa membuat mobil-mobilan atau gedung dari Lego. Anda juga bisa membentuk rumah atau tenda kecil dari kardus bekas yang ditutupi kain seprai atau kain bekas lainnya.

Bahan seperti kertas dan pensil warna lengkap untuk menggambar bersamanya. Moms juga bisa mencari referensi membuat prakarya lainnya dari internet, termasuk pada akun Youtube Mother&Baby, seperti DIY Rock and Wire Photo Holder berikut ini.


6. Bermain di Taman

Melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti di taman bisa menjadi alternatif lain untuk membuat liburan Si Kecil semakin menyenangkan. Mengajarkannya untuk bercocok tanam dapat menumbuhkan rasa cintanya pada alam. Ajak anak Anda untuk mencari serangga, pelihara, dan biarkan dia mempelajarinya, lalu lepaskan setelah dua hari. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   liburan,   aktivitas