Mother&Baby Indonesia
6 Trik Bijak Memilih Film yang Tepat untuk Anak

6 Trik Bijak Memilih Film yang Tepat untuk Anak

Setiap film memiliki nilai moral yang bisa didapat oleh penonton, termasuk anak-anak. Tetapi, tidak semua film bisa Si Kecil tonton sembarangan. Moms rasanya membutuhkan trik agar dapat bijak memilih film yang tepat sesuai usianya. Berikut 6 trik bijak memilih film yang tepat untuk anak.


1. Membaca Review Film

Banyaknya film yang rilis di akhir tahun bisa menjadi perhatian Si Kecil. Namun sebelum mengajaknya menonton, sebaiknya Moms baca dahulu ulasan dari film tersebut. Anda bisa membuka situs IMDb, Movie Mom, atau blog Carey Bryson bernama kidstvmovies.about.com. Beragam situs tersebut juga bisa Anda jadikan referensi untuk mencari film anak terbaik.




2. Menerima Saran

Agar referensi Moms mengenai film yang layak ditonton Si Kecil lebih banyak, berdiskusilah dengan orang tua lainnya. Mereka bisa memberikan saran kepada Anda yang bisa diterapkan juga dalam memilih film untuk anak-anak.


3. Memahami Rating

Sebenarnya, setiap film yang ditayangkan di bioskop telah memiliki rating atau penentuan usia penonton film tersebut. Hal ini muncul dalam simbol huruf di antaranya G untuk General Audience atau PG untuk Parental Guidance Suggested dalam bahasa Inggris. Perbedaan bahasa juga mempengaruhi makna rating ini. Jika Moms mencari film Indonesia, penentuan usia penonton disebutkan dengan simbol huruf A yang berarti untuk Anak, R untuk Remaja, dan SU untuk Semua Umur.




4. Menonton Dahulu

Untuk memastikan film yang dipilih tepat untuk ditonton Si Kecil, ada baiknya Moms menontonnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa tahu adegan atau dialog seperti apa yang tidak baik untuk dilihat dan bisa ditiru anak setelah menontonnya.


5. Unsur Cerita yang Lengkap

Film untuk anak sebisa mungkin tidak hanya mampu menghiburnya saja. Tetapi juga memiliki edukasi yang baik dan bisa ia serap secara tidak sadar. Pilih yang bisa mengajarkannya untuk lebih berani dan percaya diri dalam kegiatannya sehari-hari. Sesuaikan juga dengan usia Si Kecil, misal dengan menghindari menonton film pahlawan super yang terdapat unsur kekerasan di dalamnya.


6. Mendampingi saat Menonton

Saat menonton sebuah film, pastikan agar Anda mendampingi dan mengawasinya. Jadi, apabila ada adegan yang kurang sesuai dengan usia mereka atau ada pertanyaan terkait film tersebut, Moms bisa membantu menjelaskannya. Kegiatan ini juga bisa menjadi momen untuk mendekatkan diri Anda dengan Si Kecil. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   film








Cover Maret 2020