Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 28 Desember 2018 / Redaksi

Persiapan Sempurna untuk Nikmati Liburan Bersama Anak

Setelah memiliki anak, Moms dan Dads pun harus kembali beradaptasi, khususnya untuk urusan berlibur. Rasanya, akan ada banyak persiapan yang harus dilakukan saat akan mengajak Si Kecil guna bepergian di musim liburan ini.

Dilansir dari Australian Women's Weekly, liburan bersama anak akan menjadi momen yang sangat menyenangkan. Bahkan, keseruan dan kebahagiaan bisa lebih terasa, dibanding saat hanya dilakukan berdua saja dengan pasangan. Caranya, lakukan 3 hal berikut ini ya, Moms:




1. Direncanakan dengan Matang

Sebelumnya, Anda pastikan telah memilih destinasi wisata yang akan dituju bersama keluarga. Agar Si Kecil bisa merasa nyaman di sana, kenalkan lokasi tersebut terlebih dahulu padanya. Beri tahu apa saja yang ada di sana, seperti area bermain yang menyenangkan.

Jangan lupa juga untuk memesan penginapan dengan kamar yang cukup luas agar Si Kecil bisa bermain bebas di dalamnya. Destinasi yang dituju pun harus aman dan ramah anak, sehingga Anda pun tenang saat ia bermain selama liburan.


2. Jika Menggunakan Kendaraan Darat

Apabila lokasi berlibur bisa dijangkau dengan jalur darat atau menggunakan mobil pribadi, sediakan waktu untuk beristirahat. Selain diri Anda, Si Kecil pun butuh berjalan-jalan sejenak untuk melemaskan otot di tubuhnya. Anda juga bisa memutarkan lagu atau acara kartun favoritnya untuk mengurangi rasa bosan selama perjalanan.




3. Jika Memilih Jalur Udara

Melalui jalur udara bisa menjadi pilihan kendaraan untuk mencapai tempat berlibur. Selain menghemat waktu, hampir semua maskapai juga memperbolehkan anak di bawah 2 tahun untuk dipangku selama perjalanan.

Sebaiknya, Anda tetap memesan 1 bangku khusus untuk Si Kecil agar ia dapat bergerak lebih leluasa. Pilihlah bangku di bagian lorong, agar tak kesulitan untuk mengajak anak ke toilet. Untuk mengusir rasa bosan anak Anda saat perjalanan panjang di pesawat, bawalah mainan favoritnya.

Hal penting lain yang perlu disiapkan juga adalah camilan, bib atau celemek, tisu basah dan kering, diaper, dan susu yang dimasukkan dalam satu tas sama. Ini akan memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan Si Kecil, serta lebih praktis tentunya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Kegiatan Penuh Makna untuk Anak saat Rayakan Natal

10 Fakta Seru Tentang Natal yang Perlu Anak Ketahui

Macam-Macam Ketakutan Anak dan Cara Mengatasinya

OTHER ARTICLES

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?

Ibu Hamil Donor Darah? Ini Risikonya!