Mother&Baby Indonesia
5 Kegiatan Penuh Makna untuk Anak saat Rayakan Natal

5 Kegiatan Penuh Makna untuk Anak saat Rayakan Natal

Natal menjadi salah satu perayaan yang dilakukan setiap tahun dan terasa spesial bagi anak-anak. Pasalnya, mereka bisa mendapatkan hadiah serta merasakan keceriaan dari seluruh anggota keluarga. Maka tak heran jika Si Kecil sangat menantikan hari spesial ini.

Untuk merayakan pesta di akhir tahun ini, orang tua mungkin saja malah disibukkan dengan pekerjaan atau persiapan Natal. Namun bukan itu yang utama, melainkan waktu yang bisa Anda berikan pada Si Kecil agar Natalnya menjadi lebih menyenangkan.

Agar makna Natal tak sekadar hari berlibur saja, lakukan kegiatan bermakna dan spesial bersama dengan anak-anak. Beragam kegiatan seperti di bawah ini akan membuat Si Kecil pun tahu makna Natal yang sebenarnya, sekaligus membuat hari tersebut menjadi semakin istimewa baginya.




1. Buat Makanan Favorit Bersama

Natal menjadi momen untuk bisa berkumpul bersama seluruh keluarga. Dan agar pesta semakin meriah, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk memasak makanan kesukaan semua orang. Bisa dengan membuat kue kering atau mencampur minuman segar dan disajikan saat para tamu mulai berdatangan.


2. Saatnya Bercerita!

Dongeng dan kisah tentang Natal selalu bisa menjadi magnet bagi anak-anak. Cerita tentang Santa Claus yang juga dikenal dengan Sinterklas, atau cerita tentang pohon cemara yang selalu mengeluh. Anda bisa menyiapkan cerita tersebut dari buku-buku dongeng atau blog yang menyediakan kisah-kisah tersebut.




3. Mengabadikan Kebersamaan

Saat perayaan Natal, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen dengan berfoto. Kenakan pakaian yang unik dan bertema, seperti motif polkadot atau memakai baju berwarna merah dan hijau. Lalu, fotolah dengan kamera langsung cetak dan pasang foto tersebut di pohon natal sebagai hiasan tambahan.


4. Membuat Kegiatan Seru

Ajak Si Kecil dan saudara-saudarinya untuk mencatat hal-hal yang ia sukai dan ingin dilakukan saat perayaan Natal di sebuah kertas. Lalu, pilih kegiatan yang paling seru dan ajak seluruh keluarga untuk melakukannya, seperti menonton film spesial Natal. Anda juga bisa menyiapkan minuman hangat untuk membuat malam Natal semakin menyenangkan.


5. Berbagi dengan Orang Lain

Merayakan Natal bisa menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan Si Kecil tentang berbagi kepada sesama. Ajak mereka menyiapkan makanan atau bingkisan spesial dan bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan. Salah satu tujuannya adalah panti asuhan, yang bisa menjadi tempat Si Kecil bertemu dengan teman baru, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   natal,   makna








Cover September 2019

Related Article