Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 29 Desember 2018 / Redaksi

Agar Anak Pintar Bicara Sepulang dari Liburan

Ada banyak hal yang diserap dan dicerna Si Kecil saat ia pergi liburan. Tak heran jika sepulang liburan ia semakin cerdas dan tahu banyak hal baru, Moms.

Anda tentu akan sangat senang jika sepulang berlibur, balita Anda semakin pintar berbicara, perbendaharaan katanya bertambah, pengucapan kata-kata tertentu sudah benar, bahkan bisa menyebutkan kata-kata sulit atau beberapa patah kata dalam bahasa daerah atau bahasa asing.

Itu karena selama berlibur balita punya banyak waktu untuk mengobrol dengan Anda. Di tempat liburan, Si Kecil juga sering berkomunikasi dengan kakek, nenek, dan kerabat dewasa lainnya atau berbincang dengan sepupunya yang seusia sehingga terjadi pertukaran kosa kata.



Di perjalanan atau di tempat berlibur pun ia mendengar percakapan orang lain, pengumuman di bandara, uraian pemandu wisata, dan banyak lagi lainnya. Semua terekam di benaknya sehingga ia mendapat koleksi kata baru, ungkapan baru, dan cara pengucapan yang benar.


Agar Lebih Maksimal

Kemampuan Si Kecil dalam berbicara dan terampil menggunakannya serta kosa katanya yang bertambah akan semakin maksimal apabila Moms melakukan hal-hal berikut ini:



• Jadi teman bicara yang baik. Anda bisa selalu dengar kata-katanya, jawab pertanyaannya, ajukan pertanyaan, dan beri komentar untuk jawabannya.

• Hindari membungkam mulutnya saat Si Kecil bicara tanpa henti, dan tidak meledeknya dengan ungkapan seperti, “Duh, kamu cerewet sekali sih, Nak.”

• Dukung Si Kecil untuk bertemu banyak orang atau penduduk lokal. Ajak mereka mengobrol dan dengarkan saat mereka bicara, sehingga anak akan ikutan mendengar juga.

• Datang ke tempat yang ramai dan memungkinkan anak berinteraksi verbal seperti taman wisata, pasar tradisional, atau acara keluarga. Selain belajar bahasa, anak juga belajar dialek atau bahasa asing, jika Anda dan Si Kecil pergi ke luar negeri. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Persiapan Sempurna untuk Nikmati Liburan Bersama Anak

5 Kegiatan Penuh Makna untuk Anak saat Rayakan Natal

10 Fakta Seru Tentang Natal yang Perlu Anak Ketahui

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung