Mother&Baby Indonesia
Moms, Latih Disiplin Anak Sejak Dini dengan 5 Cara Ini

Moms, Latih Disiplin Anak Sejak Dini dengan 5 Cara Ini

Anak yang mampu mengontrol diri merupakan bagian untuk menjadikannya bahagia. Salah satu hal yang perlu ditanamkan untuk mendukung hal tersebut adalah disiplin. Dengan displin, Si Kecil akan lebih mudah menyelesaikan berbagai tantangan dalam hidupnya.

Oleh karena itu, kedisiplinan wajib dimasukkan ke dalam daftar pembentukan soft skill sejak dini. Agar prosesnya menjadi lebih mudah dan menyenangkan, ada lima cara yang bisa Moms lakukan berikut ini:




Susun Rutinitas

Anak membutuhkan rutinitas untuk membentuk disiplin. Susun kegiatan yang perlu dilakukan setiap pagi, siang, dan malam, beserta aturannya. Selain itu, berikan juga konsekuensi yang jelas jika tidak melakukannya. Dengan begitu, anak akan belajar mengikuti pola yang diberikan, memahami konsekuensi jika tidak mengikutinya, dan memutuskan yang terbaik melalui hal ini.


Menjadi Contoh

Jangan salahkan Si Kecil bila ia belum bisa disiplin, kalau Moms sendiri masih memilih untuk menonton TV dibanding mencuci tumpukan piring kotor setelah makan! Anak-anak belajar dari apa yang dilihat, terlebih dari orang tuanya. Jadilah contoh baginya dengan tetap menaati peraturan dan mengerjakan kegiatan yang perlu diutamakan.


Puji dan Beri Hadiah

Memberi pujian ketika berhasil menyelesaikan tugas sekolah sesuai jadwal akan memicu Si Kecil untuk mengulangi kebiasaan baik tersebut. Selain pujian, Moms bisa memberikan penghargaan untuk menambah semangatnya. Penghargaan tidak harus berupa hadiah mahal, tetapi sesuatu yang sederhana seperti stiker karakter favorit. Kedua hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirinya.




Beri Penjelasan

Moms perlu menjelaskan alasan di balik pentingnya menaati jadwal kegiatan yang sudah dibuat. Uraikan apa saja konsekuensi yang akan dihadapi jika melanggar aturan tersebut. Bila penjelasan saja belum cukup membuatnya mengikuti arahan Anda, biarkan ia merasakan konsekuensinya. Ini akan bisa menjadi ajang ‘latihan’ bagi Si Kecil ketika aturan dilanggar.


Gambar Kegiatan Rutinnya

Daripada menyuruh anak melakukan berbagai kegiatan secara verbal, gunakan cara menyenangkan dengan membuat bagan atau gambar kegiatan. Moms dapat memajang gambar tokoh favoritnya sedang melakukan kegiatan yang perlu dilakukan atau fotonya sendiri saat melakukan rutinitas. Ini akan membantu Si Kecil mengingat rutinitasnya dan memicu semangat untuk menjalaninya.

Itulah lima cara untuk membuat anak disiplin dengan menyenangkan. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   disiplin








Cover Maret 2020