Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 4 Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan

Moms, Ini 4 Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan

Semakin sedikit anak-anak zaman now yang suka bermain di luar rumah. Ini adalah hasil penelitian Sandra L. Hofferth, Ph.D, Profesor di Department Family Science, University of Maryland School of Public Health, AS. Ia menyebutkan bahwa rata-rata waktu bermain outdoor anak-anak telah menurun lebih dari 9 jam per minggu. Mereka lebih antusias bermain di dalam rumah dengan gadget atau menonton TV dibandingkan mencari kesenangan di alam bebas.

Hal ini bisa jadi dikarenakan sudah jarang orang tua yang mengajak anaknya main di luar. Sebaliknya, lebih banyak orang tua yang menyarankan anak beraktivitas di rumah saja dengan alasan keamanan, sehingga anak pun hanya menghabiskan waktu bermain dengan gadget atau menonton TV. Padahal, aktivitas di luar ruangan punya segudang manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan diri anak. Ini beberapa manfaatnya, Moms.




1. Memperbaiki Mood

Ketika bermain di luar, paparan sinar matahari mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan serotonin. Serotonin adalah zat yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan energi seseorang. Itulah sebabnya, saat Si Kecil aktif di luar, ia juga akan lebih bergembira, tidak stres, mudah tertawa lepas, dan bersemangat. Jika anak tengah rewel dan mudah mengamuk, mengajaknya ke luar ruangan dan mendapat sinar matahari dapat memperbaiki suasana hatinya, Moms.


2. Merangsang Kreativitas dan Kemandirian

Saat Si Kecil bermain di alam terbuka, ia belajar melakukan hal-hal secara spontan dan mandiri untuk menghibur diri tanpa harus mengandalkan orang dewasa. Misalnya, saat di halaman dan melihat batu, kayu, atau daun, ia akan berpikir bagaimana caranya memanfaatkan benda-benda tersebut untuk bermain. Permainan yang dimainkan pun bisa beraneka ragam, tergantung kemampuan kognitif anak. Permainan yang spontan akan mengasah kreativitas dan imajinasi anak sejak dini.


3. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Anak yang terlalu sering bermain di dalam ruangan cenderung pendiam dan pasif. Sebaliknya, anak yang sering bermain di luar relatif mengalami kemampuan berkomunikasi yang lebih baik. IniĀ  karena anak yang bermain di luar memiliki kesempatan lebih besar untuk melatih kemampuan bahasanya. Karena itu, ajak Si Kecil sering bermain di luar dan bertemu dengan banyak orang serta teman sebaya. Saat ia bertemu temannya dan bermain bersama, Si Kecil akan sekaligus belajar berkomunikasi.




4. Mengasah Keterampilan Sosial

Anak yang bermain di luar dan bertemu dengan temannya akan belajar banyak hal. Bermain di luar dengan teman sebaya memungkinkan anak mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan keahlian untuk bekerjasama dengan orang lain.


Meskipun begitu, Moms mungkin masih ragu saat hendak mengajak Si Kecil beraktivitas di alam terbuka. Udara yang dingin, ditambah lagi dengan gigitan serangga yang ada di alam bebas dapat mengganggu keseruan Si Kecil bermain di alam terbuka. Bahkan gangguan tersebut bukan tidak mungkin menyebabkan Si Kecil sakit. Namun, Moms tidak perlu khawatir dengan gangguan-gangguan tersebut. Moms bisa melindungi Si Kecil dengan Konicare Minyak Kayu Putih Plus.


Konicare Minyak Kayu Putih Plus merupakan teman anak saat bertualang ke dunia luar. Produk ini memberikan 2 perlindungan sekaligus sehingga anak bisa bebas bereksplorasi di alam. Kandungan cajuput oil memberikan kehangatan yang pas, sedangkan kandungan Lavender dan Geranium memberikan keharuman alami tanpa parfum yang dapat menghindarkan Si Kecil dari gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam. Semua kandungannya alami sehingga aman buat anak dan sudah mendapat sertifikasi halal. Oleskan sebelum dan setelah anak bertualang agar tubuhnya selalu terlindungi dan nyaman.

Moms juga bisa oleskan Konicare Minyak Kayu Putih Plus pada Si Kecil setelah bermain untuk menghilangkan lelahnya agar ia bisa beristirahat nyaman, merasa rileks, dan saat bangun tidur agar tubuhnya segar kembali sehingga ia bisa beraktivitas lagi dengan baik.

Jadi, tunggu apalagi, Moms? Yuk Ajak Si Kecil bermain di alam terbuka dan mengalami keseruan bertualang di dunia luar! (Susanto Wibowo/Dok. Konicare, Freepik)



Tags: anak,   balita,   outdoor acitivities,   konicare minyak kayu putih plus










Cover Mei-Juni-Juli 2020